29 September 2008

Mata : Beralih Pandang

Mata Beralih Pandang
Sekali, bila sedang melakukan inspeksi agrikultur terhadap barang bawaan saya di bandara Maui, aku bertanya pada inspekturnya, “Bagaimana anda bisa tahu bilamana seseorang berbohong ?”

“Mereka mengalihkan pandangan”, jawabnya.

Bila pandangan seseorang tidak bertemu dengan pandangan mata anda, tidak selalu berarti bahwa ia berbohong. Melainkan hanya berarti bahwa mereka merasa tidak nyaman memandang anda, tidak setuju dengan anda, atau belum bisa memastikan langkah apa yang akan mereka ambil. Apapun alasannya, ini bukan tanda yang menyenangkan – anda tahu bahwa mereka menyembunyikan sesuatu. Jangan harap mereka akan melaksanakan apa yang tampaknya mereka setujui saat itu. Mereka sebenarnya tidak sependapat.

Mata adalah bagian yang terbuka dari sistem saraf yang berkaitan erat. Agar mata bisa rileks, dibutuhkan ketenangan dalam diri orang tersebut. Dr. William Howard Hay melalui retinascope menemukan bahwa mata seseorang untuk sementara waktu akan tidak terfokus bila ia berbohong. Sebagai contoh, seseorang yang berusia 24 tahun, mengaku bahwa mereka berusia 25 tahun.

Yang perlu dilakukan bila menghadapi orang yang mempunyai mata demikian :
  • Waspadalah. Hati-hati dalam mempercayai orang ini.
  • Jauhkan diri dari bahaya.
  • Jangan harap ada kelanjutan pada pihaknya.

Yang dapat dilakukan di sekitar orang dengan pandangan yang jernih, terbuka dan memandang langsung; sadari bahwa ini adalah pertanda baik dan anda dapat melanjutkan bisnis sebagaimana biasa, setidaknya sejauh berkaitan dengan ciri ini.

Catatan khusus : sudah lama terbukti bahwa orang akan merasa tidak nyaman berbicara dengan anda bila anda tidak memandang langsung ke arah mereka. Orang yang berjiwa keras, akan menatap anda dengan pandangan mata yang dingin sewaktu mereka membual. Tetapi anda akan bisa melihat bahwa pandangan mereka tidak alami karena tidak terfokus pada mata anda, tetapi seolah melihat dibalik anda. Contoh yang baik adalah remaja yang mengatakan bahwa ia menghadapi ujian matematika yang sulit padahal dalam kenyataannya, ia tidak sekolah karena seharian membolos bersama teman-temannya.


1 komentar pada
Mata : Beralih Pandang :

Anonim mengatakan...

Info yang bermanfaat

Posting Komentar pada
Mata : Beralih Pandang :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Mata : Beralih Pandang