21 September 2008

Mata : Persepsi Kritis

Zinedine Zidane
Kemampuan bersikap kritis merupakan contoh utama bahwa tidak ada manusia yang baik atau buruk. Sikap kritis dapat melihat setiap kekurangan, dan mungkin dapat menyelamatkan pesawat ulang-alik dari ledakan. Tetapi bersikap terlalu kritis sudah banyak menghancurkan perkawinan – pasangan anda pada akhirnya jemu dan memutuskan untuk tak mau menerimanya lagi.

Sikap kritis terlihat dari ujung mata bagian luar yang melengkung kebawah. Ia adalah tipe orang yang mengetahui segala sesuatu yang tidak benar (seperti ikatan yang tidak kuat sehingga beban akan jatuh ketika mobil membelok). Ia adalah si inspektur, petugas audit, detektif, pelatih, pemain gelandang dalam sepakbola dan yang berbakat dalam olahraga yang memiliki target.

Tuan dan Nyonya Kritikal juga bisa melihat keuntungan dan kesempatan, dan biasanya berakhir dengan kehidupan yang memadai. Mereka biasanya diletakkan dalam posisi yang membawahi orang lain karena kemampuan mereka untuk melihat lebih dulu apa yang perlu dilakukan. Tetapi mereka perlu berhati-hati agar tidak mengkritik hal-hal pribadi (seperti kehilangan sahabat karena mengatakan bahwa ia perlu melakukan sesuatu untuk mengatasi ketombenya).

Sebaliknya, individu dengan ujung mata mengarah ke luar, menjauhi hidung tidaklah terlalu kritis. Ia adalah kebalikan dari orang yang senang mengeluh atau mencari kesalahan. Mereka lebih mudah diajak berkawan, tetapi seringkali menemui kesulitan karena gagal melihat kekurangan atau kesempatan yang ada.

Yang perlu dilakukan di sekitar individu yang kritis :
  • Minta nasihat bilamana anda membutuhkannya (mereka akan dengan senang hati memberikannya).
  • Jangan tersinggung dengan kritik yang tak diminta. Ingatlah bahwa mereka ditakdirkan demikian (tidak ada kaitannya dengan apakah mereka menyayangi atau menyukai anda). Ingatlah dibalik itu, mereka berhati emas.
  • Cobalah untuk mengatasi masalah yang melibatkan mereka guna menghindari kritikan mereka.
Yang perlu dilakukan di sekitar orang yang tidak kritis :
  • Jangan terlalu percaya nasihat atau evaluasi mereka.
  • Nikmati ketidakmampuan mereka untuk menunjukkan kekurangan anda (yang sebagian besar mungkin telah anda sadari).
  • Sertakan mereka dalam acara-acara kekeluargaan.

0 komentar pada
Mata : Persepsi Kritis :

Posting Komentar pada
Mata : Persepsi Kritis :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Mata : Persepsi Kritis