14 Oktober 2008

Atasi Kulit Kering Dengan Air Putih

Kulit Kering
Masih muda namun terlihat sudah tua. Hal itulah yang sering dialami oleh mereka yang memiliki kulit kering. Kulit menjadi kusam dan keriput, seakan mereka yang muda sudah tidak berada di zamannya lagi. Sebenarnya apa yang menyebabkan kulit seseorang menjadi kering, dan bagaimana cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasinya?

Pada dasarnya manusia tercipta memiliki berbagai jenis kulit, antara lain kulit kering, kulit berminyak, kulit normal dan kombinasi (kering di suatu tempat namun berminyak di tempat lain).

Tidak tertutup kemungkinan, kulit kita terlihat kasar, kusam dan cenderung keriput untuk usia muda. Hal tersebut dikarenakan kulit yang kering (xerosis, asteosis), suatu keadaan dimana kulit kehilangan kelembabannya sehingga tampak pecah-pecah dan kusam.

Penyebab kulit kering dikarenakan beberapa faktor, salah satunya adalah faktor genetik, dimana mereka terlahir dengan kulit yang kelembabannya kurang. Ada juga yang merupakan penyakit turunan seperti iktiosis vulgaris atau hiperkeratosis epidermolitik.

Belakangan ini yang marak menjadi penyebab kulit kering karena faktor dari luar, misalnya polusi udara terutama di kota-kota besar, ruangan ber-AC, duduk dekat perapian atau kipas pemanas, terlalu sering berenang, kontak dengan sabun, deterjen atau bahan pelarut, hingga gesekan yang menyebabkan iritasi atau kulit pecah-pecah.

Inti dari kulit kering sebenarnya terjadi karena tubuh atau kulit kekurangan asupan cairan. Biasanya, kekurangan cairan tersebut karena pola hidup yang tidak benar dan adanya keengganan untuk mengkonsumsi air saat melakukan atau setelah melakukan aktifitas.

Sedangkan air yang baik adalah air putih (bening) yang sudah dimasak, namun hindari minuman bersoda walaupun berwarna bening. Karena kandungan dalam soda bukannya membuat kulit semakin baik, melainkan membuat kulit dehidrasi. Selain itu minuman bersoda membuat pinggang membesar.

Selain dengan air putih, ada bahan-bahan alami yang bisa digunakan sebagai masker untuk mengatasi kulit kering. Diantaranya coklat, alpukat, pisang, dan susu. Pemakaian bahan alami ini lebih dianjurkan daripada pemakaian bahan-bahan buatan pabrik. Selain harga yang relatif murah, bahan alami tersebut tidak menimbulkan efek samping yang serius.


3 komentar pada
Atasi Kulit Kering Dengan Air Putih :

infogue on 29 Oktober 2008 14.48 mengatakan...

artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
Artikel kesehatan terhangat
Artikel anda di infogue

anda bisa promosikan artikel anda di http://www.infogue.com/ yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 29 September 2009 22.54 mengatakan...

Manteb nih tipsnya..makasih..:)

KeNaLi DAn KunJunGi ObJEk WiSata Di PanDegLaNG on 16 November 2009 05.23 mengatakan...

makasih informasinya

Posting Komentar pada
Atasi Kulit Kering Dengan Air Putih :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Atasi Kulit Kering Dengan Air Putih