18 November 2008

Wajah : Melindungi dan Membangun

Seperti dikatakan Dr. William Sheldon dalam buku klasiknya, “The Varieties of Human Physique”, secara umum ada 3 kelompok struktur dasar manusia : endomorf, mesomorf dan ektomorf.

Tipe Endomorf
Tipe endomorf yang berbentuk bulat mempunyai proporsi endodermal (jaringan pencernaan) yang besar dibanding orang lain. Mereka berbakat untuk jadi juru masak, tuan rumah dan politikus. Mereka riang dan senang berkumpul. Mereka hidup tenang dan memanfaatkan segala sesuatunya sebaik mungkin, termasuk dalam bermain cinta. Tak suka melihat segala sesuatu yang sia-sia, konservatif, dapat melaksanakan tugas-tugas sekaligus dan sangat konservatif dalam segala bentuk.

Tipe Mesomorf
Tipe mesomorf, memiliki bentuk tubuh yang lebih persegi dan berotot, mempunyai proporsi mesodermal yang relatif tinggi, bagian tengah dari tiga lapisan primer embrio yang berkembang menjadi sistem rangka dan otot. Mereka adalah orang-orang yang membangun, menggali dan mengubah bentuk bumi. Sangat mementingkan karier dan tidak suka berdiam diri di rumah. Mereka adalah orang-orang lapangan yang bergulat dengan pekerjaan. Baik pria maupun wanita bisa termasuk tipe ini dan walaupun mereka cinta keluarga, mereka merasa seolah kaki mereka terpaku dalam semen bila menjalani rutinitas.

Tipe Ektomorf
Tipe ektomorf yang memiliki bentuk wajah segitiga dan kepala bagian atas besar, seperti Sir Bertram Russel, filsuf terkenal, jarang dijumpai. Mereka memiliki proporsi ektodermal (jaringan saraf) yang relatif tinggi. Merupakan pemikir yang baik dan lebih banyak memberikan respon pikiran, bukan fisik. Inilah yang bisa diharapkan bila bertemu mereka.

Sekarang mari kita alihkan perhatian pada individu berwajah bulat yang konservatif dan indivisu konstruktif, yang berwajah persegi.

Jika anda bersama orang yang konservatif :
  • Bicarakan tentang rumah mereka.
  • Usahakan untuk diundang makan malam, juga tanyakan tentang restoran dan tempat-tempat terbaik untuk membeli makanan.
  • Bahagiakan mereka dengan tidak menyia-nyiakan makanan dan tidak membuang bahan yang masih bisa digunakan.
Jika bersama orang yang konstruktif :
  • Ingatlah bahwa karier adalah yang utama – hanya sedikit waktu yang disediakan untuk keluarga.
  • Kurang memberi perhatian terhadap istirahat ataupun makanan, orang tipe ini makan untuk hidup dan bukan hidup untuk makan.
  • Beri gairah dalam percakapan dengan bertanya tentang karier, keberhasilan, rencana dan kegiatan.


0 komentar pada
Wajah : Melindungi dan Membangun :

Posting Komentar pada
Wajah : Melindungi dan Membangun :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Wajah : Melindungi dan Membangun