Langsung ke konten utama

Cara Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini
Usia boleh bertambah, namun wajah harus tetap segar dan awet muda. Untuk mencegah datangnya kerutan sebelum saatnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan :

Stop rokok.
Kandungan nikotin di dalam rokok dapat mempercepat timbulnya kerutan-kerutan, terutama di ujung mata, dahi, dan bagian samping bibir. Selain itu kulit akan tampak kusam dan kasar.

Hindari sindroma yoyo.
Cegah kenaikan dan penurunan berat badan (sindroma yoyo) terlalu drastis, seperti diet yang terlalu ketat tanpa diikuti olahraga dan nutrisi yang cukup.

Gunakan krim malam.
Sebelum tidur, jangan lupa bersihkan sisa make up di seluruh wajah dan leher, lalu balurkan krim malam dan eye cream yang mengandung anti aging, untuk menyamarkan kerut di wajah, leher, dan area mata. Gunakan juga pelembab atau moisturizer mengandung anti aging di pagi hari.

Olahraga teratur.
Lakukan selama 1 jam setiap hari. Di saat berolahraga, pori-pori kulit akan mengeluarkan keringat. Artinya, kulit membersihkan dirinya secara alamiah sehingga peredaran darah akan lancar, serta meningkatkan metabolisme kulit. Pilih olahraga seperti yoga, pilates, atau berenang.

Hindari minuman berakohol.

Perbanyak minum air putih.
Sedikitnya, minumlah 8 gelas air putih setiap hari. Kurangnya cairan di dalam tubuh akan berefek langsung pada kulit, sehingga kulit akan terlihat bersisik, kering, kusam, dan kehilangan elastisitasnya.

Minuman vitamin.
Lengkapi asupan anda setiap hari dengan vitamin C dan E setiap hari, agar kulit tetap tampak cantik dan segar.

Konsumsi sayur dan buah segar.
Perbanyak makanan mengandung serat dan vitamin. Sayuran dan buah tak hanya membantu memperlancar proses metabolisme tubuh dan pencernaan, tetapi juga memberi tambahan nutrisi bagi kulit. Pilih buah berwarna seperti pepaya, tomat, jeruk, apel, dan makanan berbahan sayuran seperti salad, gado-gado, karedok, urap, lalapan. Dan jangan lupa minum susu 1 gelas setiap hari. Jika tergolong gemuk, pilih susu non fat.

Tidur cukup.
Idealnya, tidurlah di bawah jam 22.00 selama 8 jam sehari. Sebab proses perbaikan dan regenerasi kulit bekerja efektif pada jam 21.00 sampai jam 24.00.

Baca Juga

Artikel Terkait

Komentar