04 Desember 2008

Kesehatan Gigi dan Mulut

Kelainan atau penyakit rongga mulut dan gigi merupakan salah satu dari 10 penyakit terbanyak di Puskesmas. Hampir sekitar 60% masyarakat Indonesia pernah mengalami gangguan pada gigi. Pada tahun 1980, ditemukan bahwa hampir 90% anak sekolah mempunyai kelainan gigi atau rongga mulut. Hal ini menunjukkan bahwa kesehatan gigi dan rongga mulut perlu mendapatkan perhatian khusus.

Gigi dan Mulut

Jaringan Rongga Mulut

Dalam rongga mulut, terdapat beberapa jaringan yang dibagi dalam 2 kelompok, yaitu :
  • Jaringan Keras (rahang atas, rahang bawah, dan gigi).
  • Jaringan Lunak (gusi, lidah, mukosa pipi, mukosa bibir, mukosa lidah, mukosa palatum, dan jaringan dasar lidah).

Fungsi Gigi

Secara histologis, jaringan gigi dan mulut berasal dari mesoderm dan ektoderm, yang memiliki 3 fungsi utama yaitu, pengunyahan (mastikasi), keindahan (estetika), dan berbicara (phonetic). Dalam mulut, gigi tertanam dalam tulang rahang dan dilindungi oleh gusi (gingiva), dengan bentuk yang berbeda – beda sesuai dengan fungsinya.

Gigi Seri (Incisivus)

Gigi ini letaknya berada di depan, dan berfungsi untuk memotong makanan (mastikasi). Jumlahnya ada 8, dengan pembagian 4 berada di rahang atas dan 4 berada di rahang bawah. Gigi seri susu mulai tumbuh pada bayi usia 4 – 6 bulan, kemudian diganti dengan gigi seri permanen pada usia 5 – 6 tahun pada rahang bawah dan pada usia 7 – 8 tahun pada rahang atas.

Gigi Taring (Caninus)

Posisi gigi ini terletak pada sudut mulut, di sebelah gigi seri, dan merupakan gigi yang paling panjang dalam rongga mulut. Fungsinya adalah untuk mengoyak makanan. Jumlahnya ada 4, dengan pembagian 2 ditiap rahang, 1 di kiri dan 1 di kanan. Gigi susu caninus ini diganti dengan gigi caninus permanen pada usia 11 – 13 tahun.

Gigi Geraham Kecil (Premolar)

Gigi ini jumlahnya 8, dengan pembagian 4 ditiap rahang, 2 di kiri dan 2 di kanan. Gigi ini hanya ada pada gigi dewasa, dan letaknya berada di belakang caninus. Tumbuh pada usia 10 – 11 tahun dan menggantikan posisi dari gigi molar susu. Bersama gigi molar, gigi ini berfungsi untuk melumatkan makanan, dan pada proses orthodontie, gigi ini sering “dikorbankan”.

Gigi Geraham (Molar)

Gigi molar susu berjumlah 8 seperti gigi premolar, kemudian lepas pada usia 10 – 11 tahun dan digantikan oleh gigi premolar. Sedangkan gigi molar permanen tumbuh di belakang gigi premolar setelah gigi molar susu lepas dan digantikan oleh gigi premolar. Jumlah dari gigi molar permanen adalah 12, dengan pembagian 6 di tiap rahang, 3 di tiap sisi kanan dan kiri. Gigi molar permanen inilah yang paling sering berlubang dan menyebabkan keluhan.

Proses Pertumbuhan Gigi

Dalam pertumbuhannya, gigi mengalami 2 fase pergantian. Diawali dari pertumbuhan gigi susu yang lengkap pada umur 3 tahun dengan jumlah 20 gigi, kemudian diganti dengan fase gigi tetap yang diawali pada usia 13 tahun keatas. Pertumbuhan gigi tetap ini menjadi lengkap setelah jumlah gigi menjadi 32 gigi, sekitar umur 17 – 21 tahun. Fase diantara awal fase gigi tetap sampai gigi tetap yang lengkap disebut fase gigi campuran, yaitu antara umur 13 – 17 tahun.


22 komentar pada
Kesehatan Gigi dan Mulut :

komara on 5 Desember 2008 20.36 mengatakan...

wuah,,, kerenz !!


artikelnya mirip ama yang diajarkan guru SD kuh dulu..

infoGue on 6 Desember 2008 08.44 mengatakan...

Artikel anda:

http://kesehatan.infogue.com/
http://kesehatan.infogue.com/kesehatan_gigi_dan_mulut

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!

Deni Kurniawan on 7 Desember 2008 18.38 mengatakan...

sep2. . .,bagus om artikelnya. . .
terutama buat para vampir harus ngerti tuh yang kyk ginian. . . wakakakaka
semangadh teruuuzzz om. . . .

GOMBLOH on 25 Desember 2008 03.54 mengatakan...

gigiku jenis yang mana ya??btw muantaaaaf infonya bro

Abi Bakar on 28 Desember 2008 20.41 mengatakan...

makasih bos untuk tipsnya

Rio Sembilan on 10 Januari 2009 10.12 mengatakan...

makasih infonya..

gus on 14 Januari 2009 22.10 mengatakan...

gigiku kata kakak pertama saya suka berebut lahan...jadinya ada yg gingsul...hehehe

indira on 24 Januari 2009 20.06 mengatakan...

Baru saja aku cabut gigi bos, ternyata memelihara gigi yg rusak berbahaya ? banyak kuman masuk lewat gigi tersebut, betul begitu bos ?

abidin on 24 Januari 2009 23.28 mengatakan...

@Indira : kalo giginya masih bisa ditambal, sayang kalo dicabut, gigi palsu sekarang mahal. tapi kalo emang harus dicabut ya segera dicabut biar gk jadi sumber penyakit.

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 29 September 2009 22.47 mengatakan...

Maksih mas Abidin infonya,,:)

KeNaLi DAn KunJunGI ObjEk WiSata Di PanDeglaNG on 4 November 2009 03.13 mengatakan...

makasih infonya, menarik sekali untuk menajaga kesehatan gigi saya dan keluarga

atha on 18 November 2009 17.30 mengatakan...

nice info...
kesehatan gigi dan mulut memang sangat penting jika kite kenalkan pada anak sejak dini
terima kasih....

Mengembalikan Jati Diri Bangsa on 22 November 2009 23.34 mengatakan...

Obat sakit gigi yg berlubang itu apa ya ? dan bagaimana cara pencegahannya ?

seo pemula on 17 Desember 2009 10.05 mengatakan...

kesehatan gigi memang sangat penting, oleh karena itu sejak dini kita harus mendidik anak kita agar bisa merawat dan menjagany.
Btw abis baca tulisanya jadi ingat masa sd yg belajar gituan. namun terus terang saya sudah banyak yg lupa ttg jenis2 gigi. maklum banyak pikiran, makasih tulisannya udah menjadi pengingat kembali.

festival museum nusantara on 8 Januari 2010 15.02 mengatakan...

wah blognya keren ya, berkunjung ke blog sekeren ini bisa membuat aku ikutan keren, aku numpang keren ya sob, makasi...

Aku Cuma Seorang Blogger Yang Cinta Seo on 14 Januari 2010 12.50 mengatakan...

makasih banget tips kesehatannya

grosir Baju murah on 23 Maret 2010 08.21 mengatakan...

thxz infonya yah
saya tidak begitu memperhatikan dgn gigin mulut ini
semuga bermanfaat

dental scaler on 3 Juli 2010 18.40 mengatakan...

thx infonya bro, ini peringatan buat saya, ternyata rutin sikat gigi tidaklah cukup, sekali2 harus ke dokter gigi untuk perawatan..

Dual screen car dvd player on 6 Agustus 2010 05.52 mengatakan...

heheh.. nie pelajaran di sd atau di smp ya...??udh lupa, pelajarannya bagus2 sob, kita memang harus selalu menjaga kesehatan, kl sakit kan kita sendiri yang susah, btw udh pernah sakit gigi blm..??

galih on 19 September 2010 20.42 mengatakan...

mengingatkanku pada bu guru yang selalu nyuruh sikat gigi,,, heee makasieh ya

herrysusant on 14 Desember 2010 00.30 mengatakan...

aduh, yg terpenting periksa kedokter tp, kalu ke dokter gigi aku paling takut! jd sekarang gigi gerahamku dah habis krn lubang semua!

Best Baby Tips on 8 April 2011 10.32 mengatakan...

Thanks.Infonya lengkap and berguna Gan. Kesehatan gigi memang hal yg mutlak, karena disana banyak terdapat syaraf tubuh, jika kesehatan gigi terganggu bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti migrain dll..

Poskan Komentar pada
Kesehatan Gigi dan Mulut :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Kesehatan Gigi dan Mulut