02 Desember 2008

Wajah : Suasana Hati

Lyndon B. Johnson
Tingkat perbedaan antara satu sisi wajah dengan yang lain merupakan kunci tentang seberapa banyak perubahan dalam diri seseorang sesuai hatinya. Dan betapa besar perbedaan orang tersebut sesuai suasana hati ini.

Seperti sidik jari yang berbeda pada kedua tangan, kita pun memiliki dua sisi wajah. Kita mempunyai dua profil. Presiden Lyndon B. Johnson selalu menempatkan wartawan pada sisi tertentu agar mereka memotret sisi wajahnya yang terbaik.

Alasan satu sisi wajah berbeda dengan sisi lainnya adalah faktor genetik. Kita mendapat 23 kromosom dari masing – masing orangtua. Dengan meiosis dan mitosis, sumbangan ibu dan ayah berbaur, tetapi kita masih memiliki bilateral asimetri. Secara mudahnya, di satu sisi kita lebih mencerminkan ibu dan di sisi lain ayah.

Galen, seorang dokter Yunani kuno, menduga bahwa anak laki – laki diperoleh dari pembuahan pada indung telur kanan karena itu biasanya, tetapi tidak selalu, sisi wajah sebelah kananlah yang mengikuti wajah ayahnya.

Karena simpang siurnya saraf dari otak menuju tubuh, satu sisi otak mengatur sisi tubuh yang berlawanan. Biasanya, belahan otak sebelah kanan (kreatif) yang mengatur sisi kiri tubuh, berkaitan dengan kemampuan yang diturunkan oleh ibu.

Kini, kita membicarakan tentang mengapa kita mudah berubah – ubah bila menghadapi orang lain.

Kita semua mempunyai suasana hati, tetapi dalam tingkat yang berbeda – beda. Jarang sekali kita menemukan orang seperti Jekyll dan Hyde. Tetapi pada mereka dengan dua profil berbeda, pergantian suasana hati akan lebih drastis.

Dan tidaklah sulit untuk menduga suasana hati yang bagaimanakah yang dirasakan seseorang. Mata, nada bicara, postur dan sikap akan segera memberi isyarat. Bertindaklah sesuai isyarat itu.

Bila bersama orang dengan suasana hati yang tampak jelas :
  • Dekati bila ia sedang dalam suasana hati yang baik. Ajukan ide, permohonan, dan proposal pada saat itu. Nikmati hati mereka yang sedang senang.
  • Bila ia sedang murung, simpanlah ide cemerlang anda untuk nanti. Bersikaplah baik dan tidak banyak bicara. Lakukan hal – hal seperti yang disukai orang tersebut, atau tawarkan makanan dan minuman, dan jangan terkejut bila ditolak. Ingatlah, suasana hati seperti ini akan segera berlalu.
  • Bila ia sedang murung, ingatlah bahwa ini adalah ritma perasaan yang wajar atau karena sesuatu yang mereka perbuat. Jangan menduga bahwa hal itu karena diri anda dan jangan menarik perhatian mereka. Bersiaplah ramah dan sopan. Kecuali jika ia ingin berbicara atau mengungkapkan isi hatinya, jangan ikut campur.
Jika bersama orang yang tidak mudah berubah – ubah suasana hatinya :
  • Nikmati kepribadian mereka yang mantap.
  • Jangan harap suasana hati yang melonjak atau menurun.
  • Anda bisa menduga bagaimana kira – kira perasaan mereka.


1 komentar pada
Wajah : Suasana Hati :

Deni Kurniawan on 7 Desember 2008 18.35 mengatakan...

wahh. . .,keren om abidin tipsnya. . .
BTW ne artikel berguna buat ngrayu bonyok agar dapat uang saku banyak neh. . . XD
nice job om. . . ^^

Posting Komentar pada
Wajah : Suasana Hati :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Wajah : Suasana Hati