28 Januari 2009

Deteksi Dini dan Cegah Batu Ginjal

Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan adanya massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kencing dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kencing atau infeksi. Biasanya penyakit ini menimbulkan gejala ketika batu ginjal yang terbentuk sudah besar dan banyak. Untuk itu kita harus waspada karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja termasuk anak kecil bahkan bayi.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal antara lain seperti makanan, iklim, dan pada beberapa kasus berasal dari faktor genetik atau keturunan. Sebisa mungkin kita harus mencegahnya karena batu ginjal sulit untuk disembuhkan. Sering kali penyakit ini bersifat permanen karena batu ginjal adalah penyakit kambuhan, dimana batu ginjal bisa muncul lagi setelah penderita diobati atau dioperasi. Tidak jarang penderita merasa frustasi untuk berobat karena seringnya penyakit ini kambuh.

Kesulitan dari pencegahan penyakit batu ginjal adalah gejala penyakit ini muncul ketika keadaan sudah parah, atau ketika batu ginjal sudah terbentuk besar dan banyak. Dan rasa sakit mulai timbul ketika batu ginjal sudah mencapai saluran kencing. Gejala awal dari batu ginjal adalah adanya rasa sakit yang biasanya dimulai pada lambung atau di daerah samping perut dan perlahan-lahan rasa sakit bergerak menuju daerah pangkal paha. Batu ginjal yang sudah terbentuk tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat ketika batu tersebut dipaksa keluar dari saluran kencing. Hal ini biasanya terjadi ketika batu ginjal yang cukup besar sudah masuk ke dalam ureter, yang menyebabkan terjadinya tekanan dari air kencing yang terhambat dan menyebabkan sensasi yang sangat menyakitkan.

Dalam kasus yang ekstrim, air kencing bisa berwarna merah karena bercampur dengan darah akibat dari kerusakan ureter. Hal ini bisa mengakibatkan keadaan menjadi lebih parah karena timbulnya komplikasi seperti infeksi yang lebih lanjut. Selain itu kekurangan darah juga dapat menjadi masalah serius karena perdarahan terus terjadi akibat dari kerusakan ureter.

Yang perlu kita lakukan adalah mencegah terbentuknya batu ginjal. Salah satu cara untuk mencegah terbentuknya batu ginjal yaitu dengan banyak minum air putih, minimal 2 liter per hari, dan hindari faktor-faktor pencetus. Deteksi dini dari batu ginjal akan membantu mencegah kerusakan saluran kencing lebih lanjut dan lebih serius. Segera konsultasikan dengan dokter anda dan segeralah melakukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anda saat ini.


11 komentar pada
Deteksi Dini dan Cegah Batu Ginjal :

omyosa on 5 Maret 2009 12.12 mengatakan...

NI DIA SOLUSI SEHAT DGN AIR SEHAT
“Ini dia solusi penyembuhan dan pencegahan bermacam penyakit, tanpa obat, tanpa suntik, tanpa operasi, tanpa bahan Kimia, tanpa bahan pengawet, baik sekali untuk kesehatan jantung, ginjal, paru-paru, lever, pankreas, lambung dan organ tubuh lainya. Aman bagi segala usia, tidak ada efek samping”.
Untuk solusi hidup lebih sehat, saat ini sudah diproduksi air murni dengan kadar meneral anorganik rendah dan memiliki kandungan oksigen yang tinggi, yang mampu dan dapat dijadikan alternatif pilihan untuk HIDUP LEBIH SEHAT.
Mulailah hari ini hidup sehat dengan mengganti konsumsi minum anda sehari-hari dengan OXY Drink Water, yang merupakan air murni beroksigen tinggi yang dapat dijadikan alternatif pemeliharaan kesehatan, mempercepat proses penyembuhan berbagai penyakit, juga mampu meningkatkan energi tubuh bagi pria dan wanita. Cukup 2 botol (388 ml)per hari pagi hari bangun tidur, dan malam hari menjelang tidur ketika perut dalam keadaan kosong.
Jauhkan anda dari rokok yang mempunyai kandungan tar dan nicotine tinggi yang jika dikonsumsi dalam jangka panjang akan meracuni organ tubuh anda.
Terima kasih.
Omyosa : 08159927152

doctor info on 15 Maret 2009 12.59 mengatakan...

ih serem ya ternyata penyakit batu ginjal .. untung keburu baca artikel ini, jadi bisa hati2 sejak dini,, makasih ya infonya,, sangat bermanfaat

Mahmud Thaher on 18 September 2009 14.12 mengatakan...

Ginjal dalam tubuh berfungsi sebagai filter untuk membersihkan darah/cairan lainnya. Fungsi ini bertujuan agar bahan-bahan kimia yang terkandung dalam darah atau cairan tubuh lainnya tidak terbawa kembali oleh darah dan beredar ke seluruh tubuh. Sebagian kotoran hasil penyaringan ini nantinya akan dikeluarkan melalui ginjal bersama air seni. Namun sebagian lagi mungkin tertinggal dan mengendap menjadi batu ginjal. Apabila endapan ini tidak dikeluarkan, akan menetap di ginjal atau berpindah ke kandung kemih. Gejala penyakit batu ginjal ini di antaranya pinggang terasa nyeri dan pegal-pegal. Kadang-kadang, penyakit ini tidak menimbulkan keluhan. Rasa sakit akan muncul bila batu merusak jaringan atau terbawa ke saluran kemih hingga menyumbatnya. Bentuk dan ukuran batu ginjal sendiri bervariasi. Bila batu ini agak besar dan menyumbat, sumbatan tersebut dapat menahan air seni. Jika tidak segera diobati dapat menyebabkan pembengkakan pada ginjal yang akan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat. Bila sampai parah, penderita bisa mengalami muntah-muntah..untuk mengetahui leboh lanjut, kunjungi blog saya

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 29 September 2009 22.32 mengatakan...

Bermanfaat nih, makasih mas, bisa buat pengetahuan mengenai Batu Ginjal.

sintah on 7 November 2009 09.55 mengatakan...

saya sinta udah 5 hari ini perut sebelah kiri saya sakit, kadang-kadang sakit itu sampai ke pingang belakang sebelah kiri
kenapa yah kalau saya angkat kaki sebelah kiri ke atas terasa nyeri...
kira-kira ada masalah apa dengan pinggang saya?

KeNaLi DAn KunJunGi ObJEk WiSata Di PanDegLaNG on 15 November 2009 07.11 mengatakan...

memang kita harus banyak minum banyak air putih minimal 8 gelas perhari.

atha on 18 November 2009 17.20 mengatakan...

nice info...
memang seram penyakit ginjal ini mertua saya juga pernah kena alhamdulilah beliau sudah sembuh..
terima kasih....

cerita resepku on 17 Desember 2009 10.40 mengatakan...

iya menyeramkan, kalau pas mau kencing sait sekali kata ayahku. alhamdulillah ayahku dah sembuh. memang air putih sangat baik utk kesehatan cuma banyak orang yg melalaikannya

Astaga.com lifestyle on the net on 5 Januari 2010 20.44 mengatakan...

sharing tips nya

handout on 8 Desember 2010 09.53 mengatakan...

terimakasih tas informasinya..
semoga sukses selalu..
kunjungi saya di..
BLOG SAYA
lirik juga..
REPOSITORY

Sistem Informasi Geografis berbasis Web on 25 April 2011 15.04 mengatakan...

makasih ya infonya bermanfaat bgt deh,,, sukses slalu ya gan

Posting Komentar pada
Deteksi Dini dan Cegah Batu Ginjal :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Deteksi Dini dan Cegah Batu Ginjal