Langsung ke konten utama

Deteksi Dini dan Cegah Batu Ginjal

Batu Ginjal
Penyakit batu ginjal adalah penyakit yang disebabkan adanya massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kencing dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kencing atau infeksi. Biasanya penyakit ini menimbulkan gejala ketika batu ginjal yang terbentuk sudah besar dan banyak. Untuk itu kita harus waspada karena penyakit ini bisa menyerang siapa saja termasuk anak kecil bahkan bayi.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan terjadinya batu ginjal antara lain seperti makanan, iklim, dan pada beberapa kasus berasal dari faktor genetik atau keturunan. Sebisa mungkin kita harus mencegahnya karena batu ginjal sulit untuk disembuhkan. Sering kali penyakit ini bersifat permanen karena batu ginjal adalah penyakit kambuhan, dimana batu ginjal bisa muncul lagi setelah penderita diobati atau dioperasi. Tidak jarang penderita merasa frustasi untuk berobat karena seringnya penyakit ini kambuh.

Kesulitan dari pencegahan penyakit batu ginjal adalah gejala penyakit ini muncul ketika keadaan sudah parah, atau ketika batu ginjal sudah terbentuk besar dan banyak. Dan rasa sakit mulai timbul ketika batu ginjal sudah mencapai saluran kencing. Gejala awal dari batu ginjal adalah adanya rasa sakit yang biasanya dimulai pada lambung atau di daerah samping perut dan perlahan-lahan rasa sakit bergerak menuju daerah pangkal paha. Batu ginjal yang sudah terbentuk tersebut dapat menyebabkan rasa nyeri yang sangat ketika batu tersebut dipaksa keluar dari saluran kencing. Hal ini biasanya terjadi ketika batu ginjal yang cukup besar sudah masuk ke dalam ureter, yang menyebabkan terjadinya tekanan dari air kencing yang terhambat dan menyebabkan sensasi yang sangat menyakitkan.

Dalam kasus yang ekstrim, air kencing bisa berwarna merah karena bercampur dengan darah akibat dari kerusakan ureter. Hal ini bisa mengakibatkan keadaan menjadi lebih parah karena timbulnya komplikasi seperti infeksi yang lebih lanjut. Selain itu kekurangan darah juga dapat menjadi masalah serius karena perdarahan terus terjadi akibat dari kerusakan ureter.

Yang perlu kita lakukan adalah mencegah terbentuknya batu ginjal. Salah satu cara untuk mencegah terbentuknya batu ginjal yaitu dengan banyak minum air putih, minimal 2 liter per hari, dan hindari faktor-faktor pencetus. Deteksi dini dari batu ginjal akan membantu mencegah kerusakan saluran kencing lebih lanjut dan lebih serius. Segera konsultasikan dengan dokter anda dan segeralah melakukan pengobatan yang sesuai dengan kondisi anda saat ini.

Baca Juga

Artikel Terkait

Komentar