10 Januari 2009

Manfaat Teh Bagi Tubuh

Teh
Teh merupakan minuman yang sudah dikenal di seluruh dunia. Minuman berwarna coklat ini memiliki aroma yang harum serta rasanya yang khas. Selain itu, banyak zat yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang terkandung di dalam teh.

Manfaat teh antara lain adalah sebagai antioksidan, memperbaiki sel-sel yang rusak, menghaluskan kulit, melangsingkan tubuh, mencegah kanker, mencegah penyakit jantung, mengurangi kolesterol dalam darah, dan melancarkan sirkulasi darah. Maka, tidak heran bila minuman ini disebut sebagai minuman yang kaya manfaat.

Berikut ini adalah beberapa zat yang terdapat di dalam teh yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh :
  • Polifenol, berupa katekin dan flavanol. Senyawa ini berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkap radikal bebas dalam tubuh juga ampuh mencegah berkembangnya sel kanker dalam tubuh.
  • Vitamin E. Dalam satu cangkir teh mengandung vitamin E sebanyak sekitar 100-200 IU yang merupakan kebutuhan satu hari bagi tubuh manusia. Jumlah ini berfungsi menjaga kesehatan jantung dan membuat kulit menjadi halus.
  • Vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai imunitas atau daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang diperlukan untuk ketahanan tubuh terhadap penyakit.
  • Vitamin A. Vitamin A yang ada pada teh berbentuk betakaroten.
Zat-zat yang terdapat dalam teh sangat mudah teroksidasi. Bila daun teh terkena sinar matahari, maka proses oksidasi pun terjadi. Ada beberapa jenis teh yang dikenal dalam masyarakat, yaitu teh hijau, teh ulung, teh hitam dan teh putih. Teh hijau memiliki kandungan yang paling baik karena dalam proses pembuatannya, teh jenis ini tidak dikeringkan dengan menggunakan sinar matahari, melainkan menggunakan teknik pengeringan secara khusus. Sedangkan teh jenis lainnya diproses dengan cara fermentasi.


0 komentar pada
Manfaat Teh Bagi Tubuh :

Posting Komentar pada
Manfaat Teh Bagi Tubuh :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Manfaat Teh Bagi Tubuh