04 Februari 2009

Mengurangi Stress Pada Pekerjaan

Mengurangi Stress Pada Pekerjaan
Apakah anda pernah merasa malas untuk berangkat kerja? Karena pekerjaan yang menumpuk dan membosankan, kadang kita merasa stress dan malas untuk berangkat kerja. Mungkin itu merupakan masalah bagi anda yang saat ini sedang bekerja. Memang, bekerja bukan hal yang menyenangkan. Seringkali kita merasa pekerjaan kita tidak ada habisnya. Pekerjaan satu belum selesai, datang lagi pekerjaan lain. Rasanya tidak ada waktu untuk beristirahat, kepala terasa penuh dan membayangkannya saja sudah membuat stress.

Hal itu memang wajar dan susah untuk dihindari. Tetapi ingatlah bahwa kesehatan tubuh adalah yang hal yang terpenting, karena pikiran stress dapat merusak kesehatan tubuh. Untuk menghindari anda merasa tertekan dan terus merasa stress dengan pekerjaan, anda bisa melakukan tips berikut untuk mengurangi stress pada pekerjaan.

Berhenti mengeluh.

Bila kita terus menerus hanya mengeluhkan pekerjaan kita, pikiran kita akan semakin stress dan pekerjaan tetap tidak akan terselesaikan juga. Cobalah cari sedikit nilai positif yang bisa diambil, anggap saja ini sebagai sarana pembelajaran bagi kita. Atau pikirkan hal menarik lain yang akan anda lakukan saat menerima gaji.

Tentukan prioritas.

Memang kita tidak bisa mengerjakan semua pekerjaan sekaligus, maka tentukan mana yang lebih penting yang harus didahulukan dan diselesaikan. Jangan pikirkan pekerjaan lain, karena akan membuat konsentrasi anda semakin terganggu dan pekerjaan akan semakin tertunda dan menumpuk.

Tetap rileks dan istirahat.

Sesibuk apapun kita, saat jam istirahat gunakan waktu sebaik-baiknya untuk bersantai. Bila mungkin, gunakan waktu istirahat untuk tidur minimal 15 menit. Hal ini dapat membuat tubuh dan pikiran lebih segar.

Makan makanan yang bergizi.

Tetap perhatikan makanan anda agar nutrisi tetap terpenuhi. Gizi yang cukup dapat membuat tubuh lebih sehat dan bersemangat. Usahakan agar mengkonsumsi cukup buah dan sayuran.

Pulang tepat waktu.

Bila pekerjaan bisa dikerjakan besok dan anda tidak diminta lembur, pulanglah tepat waktu. Ini akan membantu anda memperoleh waktu lebih banyak untuk beristirahat dan bersantai bersama keluarga.

Minta cuti dan refreshing.

Bila pikiran sudah sangat penat, cobalah minta cuti. Gunakan waktu cuti untuk mengunjungi tempat-tempat wisata, misalnya jalan-jalan ke gunung atau pantai. Bila mungkin, ajaklah anak-anak atau keluarga untuk berlibur bersama.

Cari pekerjaan lain.

Hal ini merupakan salah satu pilihan jika merasa sudah tidak sanggup lagi melaksanakan pekerjaan anda sekarang. Cobalah cari pekerjaan lain yang berbeda dan anda sukai. Namun pikirkan dahulu hal ini dengan matang sebelumnya.


0 komentar pada
Mengurangi Stress Pada Pekerjaan :

Posting Komentar pada
Mengurangi Stress Pada Pekerjaan :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Mengurangi Stress Pada Pekerjaan