Langsung ke konten utama

Jenis-Jenis Susu

Jenis Susu
Dalam menu makanan sehat dikenal istilah "empat sehat lima sempurna". Kata sempurna dalam kalimat tersebut ditujukan pada susu. Istilah ini tidak berlebihan karena susu memiliki kandungan nutrisi yang lengkap dibandingkan minuman lainnya sehingga susu memiliki banyak khasiat yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Ada beberapa jenis susu yang dibedakan berdasar pada kandungan di dalamnya ataupun dari cara pemrosesannya. Jenis-jenis susu yang tersedia di pasaran bermacam-macam. Jenis-jenis susu tersebut yaitu :
  1. Full cream. Mengandung 4% lemak dan umumnya banyak mengandung vitamin A dan vitamin D.
  2. Low fat. Susu rendah lemak, karena kandungan lemaknya hanya setengah dari susu full cream.
  3. Skim. Susu yang kandungan lemaknya lebih sedikit lagi, kurang dari 1%.
  4. Susu evaporasi. Yaitu susu yang telah diuapkan sebagian airnya sehingga menjadi kental. Mirip dengan susu kental manis, tetepi susu jenis ini rasanya tawar.
  5. Susu pasteur. Susu yang melalui proses pasteurisasi (dipanaskan) 65° sampai 80° C selama 15 detik untuk membunuh bakteri patogen yang dapat menyebabkan penyakit.
  6. Flavoured. Sebenarnya susu full cream atau low fat yang ditambahkan rasa tertentu untuk variasi. Misalnya susu coklat, strawberry, pisang, dan rasa lainnya. Umumnya memiliki kandungan gula yang lebih banyak karena penambahan rasa ini.
  7. Calcium enriched. Susu yang ditambah dengan kandungan kalsium dan kandungan lemaknya telah dikurangi.
  8. UHT. Merupakan singkatan dari Ultra-High Temperature-Treated. Susu jenis ini adalah susu yang dipanaskan dalam suhu tinggi (140° C) selama 2 detik yang kemudian langsung dimasukkan dalam karton kedap udara. Susu ini dapat disimpan untuk waktu yang lama.
  9. CLA. Susu ini bermanfaat bagi orang yang ingin merampingkan tubuh. Kepanjangan dari CLA adalah Conjugated Linoleic Acid yang akan membantu dalam pembentukan otot dan mempercepat pembakaran lemak.

Baca Juga

Artikel Terkait

Komentar