Langsung ke konten utama

Manfaat Yoghurt Dibandingkan Dengan Susu

Yoghurt
Yoghurt adalah hasil fermentasi susu oleh bakteri. Fermentasi dari laktosa menghasilkan asam laktat pada protein susu, sehingga yoghurt lebih padat serta memiliki tekstur dan aroma yang khas. Umumnya yoghurt dibuat dari susu sapi, namun ada beberapa yoghurt juga menggunakan susu kedelai.

Yoghurt telah dikonsumsi selama lebih dari 4500 tahun dan saat ini telah terkenal di seluruh dunia. Yoghurt memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Beberapa keunggulan yoghurt adalah kaya protein, memiliki kandungan kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12.

Berikut ini beberapa manfaat dari yoghurt untuk Anda :
  • Mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti diare, radang usus, kanker usus atau intoleransi laktosa.
  • Wanita yang mengkonsumsi yoghurt dapat mengurangi tingkat keasaman (pH) pada vagina sehingga mengurangi perkembangan infeksi jamur.
  • Dengan mengkonsumsi yoghurt 2-3 porsi sehari, dapat mengurangi risiko tekanan darah tinggi.
  • Karena berbahan dasar susu, maka dalam yoghurt mengandung kalsium dan vitamin D. Kedua zat ini dapat mencegah seseorang terkena osteoporosis.
  • Kandungan kalori yang terdapat dalam yoghurt manjadikan yoghurt makanan yang dapat membantu sesorang merasa lebih kenyang.
Yoghurt untuk Penderita Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa yaitu ketidak mampuan tubuh untuk mencerna laktosa, gula yang paling banyak terkandung dalam susu. Ketika seseorang mengkonsumsi laktosa yang terdapat dalam susu dan produk-produk sejenisnya maka bakteri dalam usus besar mengubah laktosa itu menjadi asam laktat dan karbon dioksida. Dalam waktu 30 menit saja, timbul gejala-gejala umum, yang mencakup mual, kejang otot, kembung, dan diare.

Yoghurt mengandung laktosa hampir sebanyak susu, namun beberapa penderita intoleransi laktosa dapat mencernanya tanpa mengalami gangguan. Karena yoghurt mengandung mikroorganisme yang mensintesis laktase, dan ini membantu pencernaan laktosa. Yoghurt lebih mudah dicerna oleh tubuh dibanding susu.

Meski rasanya sedikit asam, namun banyak manfaat dari yoghurt. Saat ini, terdapat banyak produk yang dibuat dari yoghurt yang menambah kenikmatan dan cita rasa dari yoghurt seperti frozen yoghurt serta berbagai yoghurt dengan rasa buah. Konsumsi yoghurt dapat membuat tubuh lebih sehat.

Baca Juga

Artikel Terkait

Komentar