18 September 2008

Tanaman Obat : Belimbing Manis

Belimbing Manis
Belimbing Manis (Averrhoa Carambola L.) atau dalam bahasa Inggris disebut starfruit (bila dipotong memiliki penampang yang berbentuk bintang) merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah tropis. Beberapa ahli biologi mengatakan bahwa Belimbing Manis merupakan tumbuhan asli Indonesia dan Malaysia.

Ciri buah Belimbing Manis berwarna kuning kehijauan ketika masih muda dan berwarna kuning kemerahan kalau sudah tua, berbiji kecil berwarna coklat, rasanya manis dengan sedikit asam dan banyak mengandung air.

Kandungan gizi yang terdapat dalam Belimbing Manis per 100 gram yaitu :


Energi35,00 Kalori
Protein0,50 gr
Lemak0,70 gr
Karbohodrat7,70 gr
Kalsium8,00 mg
Fosfor22,00 mg
Serat0,90 gr
Besi0,80 mg
Vitamin A18,00 RE
Vitamin B10,03 mg
Vitamin B20,02 mg
Vitamin C33,00 mg
Niacin0,40 gr


Manfaat

Dengan cara dimakan biasa atau dijadikan juice, Belimbing Manis memiliki banyak manfaat sebagai obat tradisional atau obat alternatif. Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah Belimbing Manis bermanfaat sebagai antioksidan yang berfungsi untuk memerangi radikal bebas dan mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah sariawan. Pektin yang terdapat dalam buah Belimbing Manis mampu mengikat kolesterol dan asam empedu dalam usus, kemudian membantu pengeluarannya sehingga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan melancarkan pencernaan. Sedangkan kandungan Kalium yang tinggi dan Natrium yang rendah sangat memungkinkan Belimbing Manis dijadikan sebagai obat anti hipertensi.

Selain buahnya yang memiliki banyak khasiat, pada bunga, daun, dan akarnya diyakini memiliki khasiat untuk obat anti malaria, maag, bisul, rematik dan lain-lain. Namun hingga saat ini penulis belum menemukan literature terpercaya yang bisa dijadikan acuan.

Bahaya

Selain memiliki banyak manfaat, pada beberapa kasus buah Belimbing Manis ternyata juga sangat berbahaya untuk dikonsumsi. Karena kadar gula yang tinggi, buah ini tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Juga pada penderita penyakit ginjal, mengkonsumsi buah ini akan memperparah penyakitnya karena kandungan Asam Oxalat yang tinggi yang terdapat dalam buah ini.

Selain itu, Belimbing Manis mengandung racun yang mempengaruhi otak dan syaraf dimana pada penderita penyakit ginjal, racun tersebut tidak dapat disaring dan dibuang sehingga akan memperparah keadaan ginjalnya.


3 komentar pada
Tanaman Obat : Belimbing Manis :

obat alternatif diabetes on 29 November 2008 19.05 mengatakan...

Terima kasih atas infonya...
Blog yang bagus...

Anonim mengatakan...

eu gosto muito de carambola do rio de janeiro

Anonim mengatakan...

klo bisa tambah referensinya dong biar lebih yakin infonya bener..

Posting Komentar pada
Tanaman Obat : Belimbing Manis :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Tanaman Obat : Belimbing Manis