14 Oktober 2008

Sekitar Mata : Metodis

M. Nadjib Habiebie
Ketika aku melakukan penelitian di lembaga pemasyarakatan San Quentin, mudah untuk mengetahui berapa lama orang-orang tersebut berada di sana – mereka yang paling lama berada di “rumah besar” itu mendapat nilai tertinggi dalam ciri metodis. Selama bertahun-tahun, orang-orang ini melakukan pekerjaan yang sama, pada jam yang sama, memakan makanan yang sama pada hari-hari tertentu dari bagian piring yang sama.

Secara teknis, metodis ini dicirikan oleh “hyperplasia dari tepi supra orbital”. Dalam bahasa sehari-hari, ada tonjolan pada bagian bawah dahi. Tulang yang menonjol ini persis di atas alis. Dalam kasus ekstrim, tonjolan ini bisa melintang di bagian bawah dahi.

Berbicara soal kepribadian, ini adalah ciri “bagaimana” dan bukan ciri “apa”. Orang yang metodis terbiasa melakukan hal-hal dengan cara tertentu dan dengan peralatan tertentu, dan entah apa jadinya bila rutinitas ini terganggu. Istri seorang pria yang sangat metodis akan tahu kapan ia akan melakukan hubungan seks walaupun pria itu tidak menyadarinya (biasanya pada sabtu malam sehingga ia bisa tidur hingga siang pada hari minggu). Ia sudah hafal isyarat-isyarat kecilnya.

Seringkali, prialah yang menjadi sangat metodis. Meskipun wanita juga bisa demikian.

Yang bisa dilakukan bila anda melihat orang yang sepenuhnya metodis :
  • Memberitahu orang tersebut 14 hari sebelum saatnya, sehingga ia bisa menyesuaikan diri dengan kerjanya sendiri.
  • Simpan pasangan kaos kakinya dan letakkan di tempat yang biasa. Suruhlah anak-anak mengembalikan peralatan di tempat mereka menemukannya.
  • Berikan pujian bila mereka tidak memberengut atau protes ketika anda mengubah rencana pada saat-saat terakhir. Ini suatu pengorbanan bagi mereka.
Saran ini tidak dapat diterapkan bila anda berada bersama orang yang tidak memiliki ciri ini.

(bedakan dengan Perhatian)


0 komentar pada
Sekitar Mata : Metodis :

Posting Komentar pada
Sekitar Mata : Metodis :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Sekitar Mata : Metodis