Langsung ke konten utama

Sekitar Mata : Pandai Berbicara

Walter Cronkite
Garis-garis kecil yang terdapat di pojok mata dan juga di bagian bawah mata menuju tulang pipi menunjukkan orang yang pandai berbicara – pandai menggunakan kata-kata ataupun kalimat yang tepat. Bayi tidak memilikinya. Anak-anak kecil jarang ada yang memilikinya. Sebagian orang dewasa tak memilikinya. Ini merupakan ciri yang harus dikembangkan.

Bila anda seorang wanita, berbanggalah dengan garis-garis ini. Tak perlu menghilangkannya atau menggosoknya dengan krim karena tidak akan hilang, kecuali bila anda berhenti menggunakan dan mencari kata-kata serta perbendaharaan kata yang tepat untuk waktu yang sangat lama.

Garis-garis ini akan terlihat jelas dan cukup banyak pada orang yang memang dikaruniai bakat dalam pemakaian bahasa, seperti Walter Cronkite.

Bagi yang memiliki ciri ini, akan dirasakan perbedaan antara dua kata seperti “popular” dan “fashionable”. Ia bahkan gemar mambaca kamus. Bagi orang ini, kata-kata yang tepat ibarat “hole in one” dalam olahraga golf. Kata yang salah, atau salah eja atau salah ucap, dirasa menjengkelkan.

Bila bersama orang yang pandai berbicara:
  • Nikmati kepandaian mereka dalam menggunakan kata-kata yang tepat, dan belajar sebanyak mungkin kata-kata darinya.
  • Tanyakan tentang kata-kata bila anda merasa kurang yakin.
  • Jangan berdebat tentang pengucapan atau ejaan.
Yang dilakukan di sekitar mereka yang tak pandai berbicara:
  • Bersiap mendengarkan satu sylable kata.
  • Jangan gunakan kata-kata yang beraneka ragam.
  • Siap mendengarkan ucapan dengan bahasa yang umum dan tidak terlampau deskriptif.
(bedakan dengan Humor)

Baca Juga

Artikel Terkait

Komentar