08 Oktober 2008

Sekitar Mata : Penilaian

Penilaian
Setiap mata mewakili kedua sisi otak di mana terletak fungsi penerimaan. Bila letak mata sama tinggi, kedua gambar yang terekam ke dalam otak akan lebih mirip.

Pada sebagian orang, mungkin termasuk anda, satu mata letaknya lebih tinggi dari mata satu lagi. Bila memang demikian, maka menurut penelitian tentang struktur atau fungsi, individu tersebut cenderung mempunyai penilaian yang janggal, dan bisa mempunyai anggapan yang unik mengenai suatu masalah. Christoper Colombus adalah contohnya. Ia mengatakan bahwa bumi itu bulat, sementara semua pimpinan di tahun 1491 setuju bahwa bumi itu datar.

Kualitas variasi penilaian ini merupakan contoh bahwa tidak ada manusia sepenuhnya baik ataupun sepenuhnya buruk, tetapi tergantung keadaannya. Ciri ini merupakan keuntungan dalam mencipta, seperti ketika pertama kali diciptakannya pesawat jet atau radio untuk pertama kalinya. Ini merupakan karunia dalam bidang yang memerlukan kreativitas seperti adegan mimpi yang dibuat oleh Katherine DeMille dalam sandiwara panggung “Oklahoma”. Tetapi pelukis ternama Whistler, dipecat dari kerjanya sebagai kartografer angkatan laut karena ia melukis putri duyung pada petanya.

Jika anda mempunyai suatu kasus yang dihadapkan pada hakim, berharaplah bahwa letak matanya sama dan konvensional dan tidak menyimpang dari kebiasaan.

Bila anda menghadapi orang yang mempunyai variasi penilaian yang tinggi :
  • Ajaklah berdiskusi mengenai hal-hal atau pekerjaan yang kreatif.
  • Bersiaplah untuk menerima ide atau perilaku yang lain dari biasanya.
  • Buatlah aturan yang jelas untuk mereka.
Bila anda berada dengan seseorang yang lebih konvensional :
  • Tak perlu mengutarakan ide anda yang sukar masuk akal.
  • Bersiap melihat perilaku yang mengikuti aturan standar.
  • Tanyakan pada mereka jika ingin mengetahui tentang peraturan dan bagaimana sesuatu dilaksanakan.
(bedakan dengan Kecenderungan Korban)


0 komentar pada
Sekitar Mata : Penilaian :

Posting Komentar pada
Sekitar Mata : Penilaian :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Sekitar Mata : Penilaian