18 November 2008

Wajah : Ciri Fisik (Insulation Physical)

Rambut, kulit, dan jaringan saraf saling berhubungan secara genetik. Pada saat manusia tercipta, bahkan sebelum sel dasar terpecah menjadi 16, salah satu sel menjadi sel yang menghasilkan ketiga komponen struktur.

Rambut adalah komponen struktur yang paling mudah dibuat ukuran.

Sir Alec Guiness
Sebagian orang yang anda kenal, mempunyai “rambut bayi” dan kulit bagaikan sutera. Bila anda mengamatinya, akan anda sadari bahwa mereka lebih sensitif baik fisik maupun emosi. Mereka bertindak berdasar perasaan. Perilaku mereka lebih halus, lembut dan anggun, sesuai tekstur yang lembut. Dengan ciri-ciri serupa, pria seperti ini memiliki tampak lembut, misal Sir Alec Guiness.


Clark Gable
Individu dengan rambut dan kulit yang lebih kasar, biasanya lebih berani dan lincah. Mereka secara fisik lebih tahan, tidak terlalu peka, dan lebih tahan terhadap cobaan. Mereka bisa memberi dan menerima. Mereka butuh lebih dari sekedar isyarat halus agar bisa tertarik pada seseorang. Clark Gable memiliki ciri ini dan hingga kini ketegaran dan kepemimpinannya dalam “Gone With The Wind” masih tetap diingat.

Penulis pribadi sudah melakukan penelitian statistik pada rambut ratusan orang, seringkali, wanitalah yang kulitnya lebih tipis dan bertubuh mungil, meskipun tidak selalu demikian. Ada banyak wanita yang berkesan kekar dan banyak pria yang halus dan lembut.

Memang biasanya pria lebih kekar dan kasar serta secara tidak sengaja bisa menyinggung perasaan pasangannya yang lebih kecil. Sehingga ada pepatah Perancis yang mengatakan, “Tidak ada istri yang frigid, yang ada hanyalah suami yang ceroboh”.

Komponen genetik dari rambut, kulit dan jaringan syaraf, tidak hanya mempengaruhi selera fisik seperti terhadap makanan atau suhu, tetapi juga mempengaruhi disposisi. Orang yang lebih kekar cenderung bertahan, tetapi dalam situasi pribadi, mereka butuh waktu lebih lama “untuk memahami pesan”.

Selalu terjadi, hal-hal ekstrim yang menimbulkan sikap individualistis.

Ada banyak orang yang berada di antara kedua ciri ini. Mereka bisa menghadapi situasi yang keras ataupun lingkungan yang berbudaya dan penuh sopan santun. Anda harus lebih berusaha menyesuaikan diri dengan orang yang mempunyai tekstur rambut yang lebih halus atau lebih kasar dari diri anda.

Yang dapat dilakukan di sekitar orang dengan tekstur dan rambut yang lebih kasar :
  • Berbicara lebih keras dan beri lebih banyak isyarat untuk memastikan bahwa pesan anda terima.
  • Jangan heran melihat mereka lebih suka makan makanan berbumbu dan dalam jumlah besar, pakaian pun lebih suka yang terbuat dari serat kain yang lebih kasar dan warna yang berani.
  • Memahami kesenangannya terhadap kegiatan-kegiatan di luar rumah.
Bila bersama orang dengan rambut lebih halus :
  • Gunakan cara yang halus, lembut dan penuh sopan santun.
  • Memahami selera dan kebutuhan mereka akan kualitas bukan kuantitas, lebih baik bawa mereka ke restoran mewah, daripada kantin murah.
  • Beri mereka pujian bila mereka bersedia bersusah payah bersama anda. Mereka benar-benar tersiksa bila untuk jangka panjang terpaksa tidak dapat menggunakan air panas dan dingin dari kran ataupun kamar mandi pribadi.
(lihat juga Keras, Lunak, atau Elastis)

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Wajah : Ciri Fisik (Insulation Physical)