19 November 2008

Wajah : Keras, Lunak, atau Elastis

Disini, kita menghadapi ciri yang bisa dengan cepat diubah.

Sebagian orang berkulit lembut. Tubuh mereka bagaikan jelly. Sikap mereka menawan dan penuh berbasa-basi. Suara mereka cenderung lamban atau melengking. Mereka hanya mempunyai sedikit tenaga atau semangat, serta terlalu responsif terhadap rintangan maupun pikiran sendiri. Tetapi mereka bisa menjadi tegar bila memutuskan untuk memulihkan rasa percaya diri. Dalam situasi tertentu mereka cukup tegar.

Sebaliknya, bayangan seseorang dengan kulit keras dan kasar yang anda kenal, dia memang keras dan tegar. Anda tidak mudah melukai mereka (baik dalam arti kiasan maupun sesungguhnya). Mereka tegas. Bila mereka telah memutuskan untuk memberi bantuan, mereka memberinya dengan tulus dan sungguh-sungguh.

Di antara kedua ekstrim ini, ada orang yang disebut elastis dalam sikap. Dia adalah tipe orang yang bersemangat dan ulet, memiliki semangat, gairah, vitalitas dan penuh gairah hidup serta menyenangkan untuk dijadikan teman. Dia mudah menyesuaikan diri. Kualitas ini adalah bawaan lahir yang dimiliki semua orang. Bila kita kehilangan ciri ini, kita harus berusaha keras untuk mendapatkannya lagi.

Yang perlu dilakukan jika bersama orang yang keras hati :
  • Ingatlah, mereka tidak akan cepat atau mudah memberi respons, tetapi sekali mereka setuju, mereka akan melakukannya dengan sepenuh hati. Usahakan terus agar memberi respons.
  • Ingatlah, karena mereka sikapnya kaku, mereka tampak seolah tak memahami pandangan anda. Jangan sampai ekspresi mereka membuat anda salah sangka.
  • Bisa diandalkan kejujurannya.
Yang dapat dilakukan disekitar orang yang lebih lembut :
  • Bersiap mendengar keluhan. Namun waspadalah, mereka pandai memainkan “peran lemah” dan membuat anda mengerjakan tugas mereka. Jangan sampai mereka memperalat anda.
  • Ingatlah, mereka cenderung mundur tanpa memberitahu. Periksa ulang segala yang mereka lakukan.
  • Ingatlah bahwa mereka bisa bersikap keras bila mereka mau.
Bila anda bersama orang yang bersikap elastis dan fleksibel, nikmati sisi kepribadian ini dan juga saat-saat bersama mereka.

(lihat juga Ciri Fisik)

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Wajah : Keras, Lunak, atau Elastis