28 November 2008

Wajah : Naluri Percaya Diri

Michael Jordan
Sebagian besar penerbang mempunyai bentuk hidung yang khas. Mereka memiliki ciri yang disebut naluri percaya diri. Mereka bukan tipe yang penuh pertimbangan. Mereka cepat mengambil keputusan. Mereka punya keyakinan kapan saat tinggal landas dan kapan saat mendarat.

Para ahli bedah juga punya cara yang sama dalam melaksanakan tugasnya. Begitu pula para bintang bola basket, tidak ada keraguan dan tidak ada ketidakpastian.

Naluri percaya diri ini berkaitan dengan gaya prosedurnya. Mengenai apakah seseorang individu mempunyai keberanian untuk melaksanakannya, itu tergantung ciri lainnya.

Beberapa orang cukup berani untuk melakukan sesuatu, tetapi kurang percaya bahwa langkah yang mereka ambil adalah yang terbaik. Mereka adalah pria yang ibaratnya, cukup berani untuk mengendalikan banteng dengan memegang tanduknya. Individu seperti ini kurang memiliki kemampuan untuk memimpin dan terlalu banyak mendengarkan pendapat orang. Anda tentu pernah mengenal orang-orang seperti ini, yang selalu membutuhkan orang lain untuk membimbing mereka. Mereka adalah orang yang kurang berani. Mereka seharusnya jangan memiliki banyak penasihat dan harus dapat mengambil keputusan sendiri sesuai dengan kata hati.

Menjadi orang yang percaya diri tidak berarti bahwa individu itu harus selalu tahu cara terbaik melakukan sesuatu. Tetapi cukup dengan merasa bahwa cara mereka adalah yang terbaik. Bila tidak ada ciri-ciri lain, seperti penilaian yang tepat, ide mereka mungkin tidak banyak berarti. Tak ubahnya seperti pria yang ditanyai oleh keponakannya, “Paman, bila anda begitu pandai, mengapa anda tidak dapat menjadi kaya?”.

Terlahir sebagai orang yang suka menasehati, orang yang percaya diri bisa membuat dirinya tidak populer bila memberi nasihat yang tidak diminta, seperti ibu mertua yang memberitahu menantu barunya tentang bagaimana membuat kalkun isi atau bagaimana merawat bayi.

Bila bersama orang yang percaya diri :
  • Membiarkan mereka melakukan hal-hal sesuai cara mereka. Karena mereka bagaimanapun juga, tetap akan melakukannya, walaupun berarti menuju kehancuran.
  • Jangan harap anda mendapat bagian dalam memimpin (mereka akan mencoba melakukan segala sesuatunya sendiri, bahkan hingga yang sekecil-kecilnya).
  • Mintalah nasihat, mereka akan dengan senang hati memberikannya.
Hal – hal yang perlu diingat bila menghadapi orang yang kurang naluri percaya diri :
  • Anda bisa dengan bebas menasehati mereka.
  • Beri dukungan.
  • Siap melihat mereka meminta nasihat orang lain setelah mereka meminta nasihat anda.
(lihat juga Rasa Percaya Diri)


0 komentar pada
Wajah : Naluri Percaya Diri :

Posting Komentar pada
Wajah : Naluri Percaya Diri :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Wajah : Naluri Percaya Diri