Langsung ke konten utama

Wajah : Kepemimpinan

Winston Churcill
Bila anda memikirkan pemimpin yang anda kenal, anda akan melihat bahwa mereka memiliki perilaku yang berbeda – beda. Sebagian riang dan menawan. Yang lain, bisa menang karena mampu mengendalikan sifat dasarnya dan tidak memusuhi orang yang baik.

Tetapi, semua pemimpin memiliki dua hal, yaitu percaya diri dan keyakinan. Mereka memiliki cukup banyak ciri yang kuat, yang digabungkan untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Mereka siap menerima kritik. Mereka terus bertahan walaupun sering ditentang dan dimusuhi orang – orang dalam teamnya sendiri.

Semua ini membutuhkan kemampuan yang tinggi, keberanian, kepemimpinan, keadilan dan toleransi, pemahaman, kekuatan, enersi, kemampuan menganalisa dan percaya diri. Indikator fisiknya adalah wajah yang lebar dan mata yang tidak terlalu jauh jaraknya.

Bila anda berhubungan dengan orang yang memiliki sifat memimpin :
  • Sertakan mereka dalam proyek anda.
  • Tidak perlu terkejut bila mereka mengambil alih atau mencoba mengambil alih pimpinan.
  • Pertahankan posisi anda (sebaik mungkin).
Bila anda bersama orang yang kurang memiliki sifat memimpin :
  • Berikan tugas sedikit demi sedikit.
  • Jangan promosikan mereka melebihi kemampuan yang diperlihatkannya.
  • Bila mereka menunjukkan tanda – tanda ingin mengembangkan kepemimpinan, beri dorongan. Kepemimpinan bisa dikembangkan karena sejumlah ciri yang ada bisa diperkuat atau sengaja dikembangkan semaksimal mungkin.
(lihat Toleransi, Rasa Percaya Diri, dan Sifat Kepemimpinan)

Baca Juga

Artikel Terkait

Komentar