17 Januari 2009

Pengaruh Melepas Alas Kaki Ketika Berada Di Dalam Rumah Bagi Kesehatan Kita

Melepas Alas Kaki
Melepas alas kaki (sepatu atau sandal) ketika berada di dalam rumah merupakan suatu kebiasaan orang-orang Asia termasuk Indonesia. Selain untuk kebersihan, melepas alas kaki ketika kita bertamu ke rumah orang lain merupakan tanda penghormatan atau sopan santun terhadap tuan rumah.

Namun saat ini, banyak dari kita yang meniru gaya hidup orang barat yang tidak melepas alas kaki (kecuali sandal khusus dalam rumah) ketika berada dalam rumah atau bahkan ketika sedang tidur. Terlebih lagi ketika seorang pejabat yang merasa memiliki status sosial tinggi berkunjung ke rumah orang dengan status sosial rendah. Suatu hal yang sering kita jumpai.

Apa pengaruhnya pada kesehatan kita?

Ketika kita berada di jalan, tak kurang dari 66 juta mikroorganisme dari berbagai spesies menempel pada alas kaki. Dimana bakteri-bakteri tersebut infektif terhadap saluran pencernaan, saluran pernafasan, kulit dan mata. Menurut para ahli mikrobiologi, bakteri yang menempel pada alas kaki mampu hidup lebih lama dibandingkan dengan bakteri yang hidup di tempat lain. Ini dikarenakan pada saat kita berjalan, kita terus menginjak unsur-unsur yang meningkatkan pertumbuhan bakteri.

Kapan bakteri-bakteri tersebut bisa menginfeksi saluran pencernaan, saluran pernafasan, kulit dan mata kita?

Jika kita masuk rumah tanpa melepas alas kaki, 90% dari bakteri-bakteri yang terdapat pada alas kaki akan pindah ke lantai rumah kita dan siap menyebar ancaman bagi kesehatan kita. Terutama anak-anak kita yang sering bermain di lantai. Dengan menyentuh lantai yang terdapat banyak bakteri, maka bakteri tersebut akan pindah ke tangan dan siap untuk dipindahkan lagi ke tempat lain misal kulit, mata, mulut, saluran pencernaan, saluran pernafasan, atau bahkan anus.

Bagaimana kalau kita keluar rumah tanpa menggunakan alas kaki?

Kaki kita harus dicuci dulu sebelum masuk rumah, supaya bakteri yang menempel pada kaki kita tidak berpindah ke lantai rumah kita. Namun perlu diketahui, fungsi alas kaki selain melindungi kita dari bakteri, alas kaki juga melindungi kita dari infeksi cacing tambang yang masuk melalui pori-pori kulit kaki kita. Maka seharusnya kita selalu menggunakan alas kaki ketika kita berada di luar rumah.


9 komentar pada
Pengaruh Melepas Alas Kaki Ketika Berada Di Dalam Rumah Bagi Kesehatan Kita :

gus on 20 Januari 2009 18.54 mengatakan...

jadi ingat pesan simbah waktu saya masih kecil dulu kalau baca nasehatnya....

abidin on 21 Januari 2009 23.54 mengatakan...

emang bener, kalo orang tua ngomong harus di dengerin..!! ^^,

Anonim mengatakan...

boss...
kayaknya kok faham benner ttg ksehatan???
emang prnah kerja d FK unibraw / unmuh???

Internet Download Manager on 4 Agustus 2009 08.07 mengatakan...

wah masa sih, tipsnya mantap punya

KeNaLi DAn KunJunGi ObJEk WiSata Di PanDegLaNG on 15 November 2009 12.56 mengatakan...

wah beneran tho itu mas, baru tahu aku. sampai sekarang aku masih terbiasa lepas alas kaki

atha on 18 November 2009 17.21 mengatakan...

nice info...
bener ya? saya jadi makin penasaran tetntang hal ini tambahin lagi donk mas artikelnya
terima kasih....

festival museum nusantara on 8 Januari 2010 15.13 mengatakan...

aku nuampng beken aja mas

yahyavila on 7 Desember 2010 02.34 mengatakan...

nice info. sekedar saran mas, kalao bisa ditambahin hasil riset atau penelitian (kalo memang ada) agar lebih mantaps

shanty on 10 Mei 2011 13.10 mengatakan...

info bagus mas
http://shopah0lic99.blogspot.com/

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Pengaruh Melepas Alas Kaki Ketika Berada Di Dalam Rumah Bagi Kesehatan Kita