06 Agustus 2009

Keuntungan Minum Kopi

Kopi
Berita gembira buat para peminum kopi. Berdasar penelitian, kopi bukan makanan / minuman yang memiliki banyak resiko memperburuk kesehatan. Bahkan dalam beberapa keadaan, kopi memberikan keuntungan bagi kesehatan. Karena kopi mampu mencegah diabetes, kanker hati, cirrhosis, dan Sindrom Parkinson's.

Selama ini, banyak peneliti / ilmuwan yang tidak bisa membedakan antara efek samping kopi dengan efek samping rokok, karena kebanyakan dari para peminum kopi adalah perokok.

Rob van Dam, ilmuwan dan ahli epidemiologi dari Harvard School of Public Health, mengatakan "Selama ini kopi dianggap sebagai minuman yang sangat tidak sehat, namun sekarang kami memiliki pandangan yang lebih seimbang terhadap kopi. Kami tidak mengatakan kopi adalah minuman kesehatan, namun kopi adalah salah satu pilihan minuman yang baik."

Dalam pandangan umum, kopi selalu berhubungan dengan kafein atau sebaliknya. Menurut Terry Graham, ilmuwan dari University of Guelph in Ontario - Canada, kopi sangat berbeda dengan kafein. Menurutnya, kopi adalah minuman kompleks yang terdiri dari ratusan kandungan dan kafein adalah salah satunya yang kadarnya hanya 2%, sedangkan 98% adalah bahan lainnya.

Kafein tidak hanya terkandung di dalam kopi, tapi juga terkandung di dalam teh, minuman bersoda dan beberapa obat. Kafein bisa menyebabkan gelisah dan cemas, dan pada sebagian orang bisa memicu insomnia. Beberapa data pada wanita hamil bisa menyebabkan keguguran. Rob van Dam mengatakan dalam jumlah 200 mg / hari (1 cangkir kopi / hari) masih aman untuk wanita hamil. Pada penderita hipertensi, kafein dalam dosis yang besar bisa meningkatkan tekanan darah karena kafein mempersempit pembuluh darah.

Pada kenyataannya, satu cangkir kopi per hari tidak memberikan banyak pengaruh pada tekanan darah. Karena kafein yang terkandung dalam kopi tidak sebanyak kafein yang terdapat pada minuman bersoda (cola) dan pada kopi terdapat banyak kandungan lain yang mempunyai efek berlawanan dengan kafein. Atau bisa dikatakan banyak kandungan lain pada kopi yang meredam efek yang merugikan dari kafein. Namun, disini kita tidak membicarakan dalam dosis yang besar, karena mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan tentu tidak baik, termasuk mengkonsumsi kopi. Meskipun sekarang ada jenis 'kopi saring', yang banyak mendapatkan perhatian di dunia kesehatan.

Diabetes

20 penelitian di dunia tentang kopi, baik kopi murni maupun yang non-kafein, mampu menurunkan tingkat resiko Diabetes Type 2. Para peneliti mengatakan, chlorogenic acid, salah satu kandungan yang terdapat pada kopi mampu memperlambat penyerapan glukosa dalam usus. Chlorogenic acid juga menstimulasi GLP-1, bahan aktif yang mampu meningkatkan produksi hormon insulin. Kandungan lain, trigonelin dan prekursor vitamin B3 membantu memperlambat absorbsi glukosa.

Penyakit Jantung dan Stroke

Penelitian terbaru memperkirakan, frekuensi konsumsi kopi tidak mempengaruhi tingkat resiko kedua keadaan tersebut. Bahkan, kopi mungkin sedikit menurunkan resiko stroke. Penelitian yang dipublikasikan di bulan Maret pada jurnal Circulation menunjukkan data pada lebih dari 83000 wanita diatas usia 24 tahun yang mengkonsumsi kopi 2 sampai 3 cangkir per hari, menurunkan resiko stroke sebesar 19% daripada wanita yang tidak minum kopi. Penelitian di Finlandia memperoleh hasil yang serupa pada pria.

Untuk penyakit kardiovaskular yang lain, tidak ada data yang mengatakan kopi mampu menurunkan tingkat resiko. Namun juga tidak ada data yang mengatakan kopi meningkatkan resiko, bahkan sampai konsumsi 6 cangkir per hari.

Kanker

Tidak ada data yang mengatakan kopi mampu menurunkan tingkat resiko penyakit kanker, kecuali kanker hati. Secara konsisten, peneliti mendapatkan hasil bahwa konsumsi kopi mampu menurunkan tingkat resiko kanker hati. Dan beberapa penelitian menunjukkan bahwa kopi mampu menurunkan tingkat resiko kanker usus besar, meskipun dengan bukti yang masih lemah.

Cirrhosis

Berdasar data, kopi mungkin mampu melindungi hati (liver) dari cirrhosis, terutama yang disebabkan oleh alkohol. Masih belum jelas, kafein atau kandungan lain yang memberikan perlindungan terhadap hati.

Sindrom Parkinson's

Pada penyakit neurologis ini, yang memberi keuntungan adalah kafein, dan belum diketahui kenapa kafein mampu melindungi. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peminum kopi terutama pria, memiliki resiko Sindrom Parkinson's lebih rendah 50% dibandingkan dengan yang bukan peminum kopi. Pada wanita juga menunjukkan hasil serupa, tetapi hanya untuk yang tidak menggunakan hormon post-menopause. Menurut Dr. Alberto Ascherio, ahli epidemiologi dan nutrisi di Harvard School of Public Health, dibutuhkan secangkir kopi atau sekitar 150 miligram per hari untuk mengurangi resiko Sindrom Parkinson's.

Performa Atlit

Sudah sangat jelas pada banyak penelitian, bahwa kafein merupakan ergogenic agent, yaitu bahan yang mampu meningkatkan kinerja otot. Kafein bekerja dengan melepas glukosa pada otot sehingga mampu meningkatkan performa atlit baik pada olahraga cepat ataupun olahraga lambat. Bahkan kafein merupakan salah satu kandungan yang dalam pengawasan International Olympic Committee.

Himbauan

Jika memungkinkan konsumsi 'kopi saring'; lebih banyak terdapat di Amerika Serikat, yang menurut dunia kesehatan lebih baik daripada kopi biasa. Karena pada proses penyaringan, mampu menghilangkan cafestol; bahan yang meningkatkan LDL (kolesterol jahat).

Meskipun berita diatas sedikit menggembirakan bagi peminum kopi, perlu dipertimbangkan kondisi tubuh untuk memutuskan harus berhenti minum kopi atau menambah jumlah kopi yg dikonsumsi.

Berita Hangat dan Pendapat Penulis :

Penyebab utama kematian Mbah Surip bukan karena terlalu banyak minum kopi, tetapi terlalu banyak merokok.


51 komentar pada
Keuntungan Minum Kopi :

Artikel kesehatan on 7 Agustus 2009 13.13 mengatakan...

Kunjungan balik. Kalau saya lebih hobi minum teh, hangat2 asyik, banyak antioksidannya. Thanks for the info...

Bisnis Internet on 8 Agustus 2009 11.27 mengatakan...

wah... saya kira minum kopi tidak baik kesehatan. Saya sering minum kopi instan, gimana tuh?

waluyo on 9 Agustus 2009 21.46 mengatakan...

kopi....rasanya gimana rasanya kalau nggak ngopi
artikel yang bagus....salam kenal

Rusli Zainal Sang Visioner on 10 Agustus 2009 07.39 mengatakan...

KOpi non-kafein itu ada ya??, yang gimana tuh?? tapi saya teringat sama mbah surip yang doyan minum kopi :)

eh bro.. mau dukung saya ikut kontes SEO, caranya mudah, pasang link ini: http://pekanbaru-riau.blogspot.com/2009/06/rusli-zainal-sang-visioner.html di blogmu dengan judulnya. ntar saya kasih link dari blog berpr4, gimana?, saya tunggu jawabannya ya..

sewa mobil on 10 Agustus 2009 12.51 mengatakan...

wah beruntung banget neh saya suka minum kopi. :D

pasang iklan baris on 10 Agustus 2009 12.55 mengatakan...

minum kopi jgn terlalu banyak, cukup malam saja khan hawanya dingin.

alhejawi on 13 Agustus 2009 18.25 mengatakan...

Wah sekarang ini saya dah nggak kuat minum kopi, bisa panas dingin tubuh ini kalau iminum kopi

4com on 13 Agustus 2009 18.27 mengatakan...

Makasih infonya....

daywalker on 14 Agustus 2009 10.11 mengatakan...

wuiih masak si bos ??kok kata dokter2 indo kopi sangat tidak baik utk kesehatan...apa beda ya ilmu kedokteran sini ma bule???

Pulsa Elektrik on 16 Agustus 2009 15.01 mengatakan...

KOPI memang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, tetapi hendaknya tidak terlalu bnyak pemakaiannya karena mengandung cafein,,hal ini jg dapat berdampak buruk bagi kesehatan

digital megapixel on 17 Agustus 2009 14.26 mengatakan...

wahh kebetulan aku pecandu kopi

peluang investasi on 17 Agustus 2009 17.17 mengatakan...

jangan sering2 juga minum kopi
nanti bisa kayak mbah surip
kebanyakan minum kopi

your skirt on 18 Agustus 2009 10.13 mengatakan...

ngupi
enak
bermanfaat
sehat
tapi kadang bikin
mules
by yourskirt.com

Stop dreaming start action on 19 Agustus 2009 00.28 mengatakan...

Saya sendiri juga suka ngopi apalagi ditemenin teman2, membuat semakin Bisnis Internet Marketing

Pasang Iklan Gratis on 19 Agustus 2009 00.31 mengatakan...

Kopi kalau menurut pemain bola sebagai doping

Red Gear on 20 Agustus 2009 07.05 mengatakan...

Loh, setau saya minum kopi malah gak bagus.
Btw, tukeran link yuk, link anda sudah saya masukkan ke blogroll blog saya. Silahkan dicek di http://red-gear.blogspot.com

prafangga permana on 21 Agustus 2009 03.07 mengatakan...

wah komplit banget datanya.
Kopi Mantap, Apalagi malem2 gini. Sambil blogwalking menghisap rokok, dengan menyeduh kopi.
Mantap....

Muja on 21 Agustus 2009 14.47 mengatakan...

mantapp...


muja

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 21 Agustus 2009 22.05 mengatakan...

Mantap Kopi item dgn rokok sebatang, di depan laptop kesayangan lagi OL..enaknya...

antwa on 22 Agustus 2009 00.06 mengatakan...

muantabz.. saya kira ngopi tuh banyak kerugianya tapi pas liat postingan in jadi berubah asusmsi saya....

naruto on 22 Agustus 2009 00.07 mengatakan...

kopi+rokok+pc+koneksi internet+cemilan....wah, serasa dunia milik sendiri =)

ketunk on 27 Agustus 2009 20.11 mengatakan...

yen ra ngopi ra wenak..
thanks for post

plc on 28 Agustus 2009 03.38 mengatakan...

Sayangnya, Saya ngak suka Minum Kopi ...

laziale on 28 Agustus 2009 16.18 mengatakan...

good artikel sobat..terus semangat aja

Mengembalikan Jati Diri Bangsa on 31 Agustus 2009 10.49 mengatakan...

Untung saya jarang minum kopi. Sebulan belum tentu sekali

Kombes.Com on 1 September 2009 12.24 mengatakan...

Blog anda OK dan unik Banget!. Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang Kombes.Com Bookmarking pada blog ini.

Salam hormat
http://kombes.Com

stop dreaming start action on 5 September 2009 08.39 mengatakan...

Sangat bagus minum kopi untuk doping agar tetap fit. salam
belajar bahasa inggris

Cari Uang - Cara Cari Uang Di Internet on 5 September 2009 22.08 mengatakan...

artikel yg bagus banget nih..kebetulan emang suka minum kopi juga. lam kenal by Cari Uang Di Internet

tips computer on 7 September 2009 14.26 mengatakan...

ternyata, kopi ada untungnya juga, jadi tmbh smangat neeh (minum kopi) hhe

Rizki on 8 September 2009 15.06 mengatakan...

Ingat Kopi.. Lansung Ingat Mbah Surip. Ha.Ha.Ha

j

Mengembalikan Jati Diri Bangsa on 12 September 2009 01.20 mengatakan...

Wuah.. informasi menarik..
Asal jangan yang punya penyakit maag aja.. ;)

Gadgets on 26 September 2009 00.10 mengatakan...

asyiik aku peminum kopi sejati, hahaha...

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 29 September 2009 22.27 mengatakan...

Eh mau nanya mas, emang klo darah tinggi gak boleh ngopi ya?

iklan on 9 Oktober 2009 08.48 mengatakan...

pantesan teman saya tiap hari yang hobinya minum kopi malah makin seger dan gemuk badannya :)

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 15 Oktober 2009 13.00 mengatakan...

alhamdulillah saya minum dua gelas sehari, tapi bukan kopi hitam, kopi susu, bagus juga kali ya :D

Belajar Bahasa Inggris on 16 Oktober 2009 10.16 mengatakan...

Terimakasih sharingnya semoga bermanfaat bagi semua pembaca.
bisnis pulsa
Cara Membuat WebsiteBelajar Bisnis Online

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 18 Oktober 2009 18.06 mengatakan...

"Berita Hangat dan Pendapat Penulis :

Penyebab utama kematian Mbah Surip bukan karena terlalu banyak minum kopi, tetapi terlalu banyak merokok."

Kalo misalnya rokok sama kopi di satuin, gimana tuh bos ceritanya...hehehe

Free download microsoft office on 26 Oktober 2009 23.03 mengatakan...

Sebenarnya minum kopi lebih banyak keuntungannya atau kerugiannnya?

Ubalin WebBlog on 27 Oktober 2009 22.09 mengatakan...

Great info, ini baru article yang unique, sangat berkualitas, mungkin tulisan seperti ini yang disebut dengan High Quality Content...Good job man

KenaLi Dan KunJunGi OBjek WiSata Di paNdeglAng on 28 Oktober 2009 15.38 mengatakan...

Alhamdulillah ternyata banyak manfaatnya, soalnya selama ini saya sering minum kopi + susu apalagi klo pas lagi begadang hampir selalu nyiapin minuman itu, thx infonya

Download bokep on 30 Oktober 2009 03.00 mengatakan...

wah pengen coba kopi luwak, tp nda ada duit

hanum on 9 November 2009 18.36 mengatakan...

tetap saja walau manfaatnya banyak saya tidak suka sama sekali :D

atha on 18 November 2009 17.08 mengatakan...

nice info...
apa kopi juga bisa mengurangi dampak penyakit alzheimer?
terima kasih....

Indonesia Java International Destination on 24 Januari 2010 02.33 mengatakan...

wah, ternyata ada nilai plusnya ya.. info bagus nih

pena on 2 Februari 2010 16.58 mengatakan...

tapi kalau sampai berlebihan dan ketagihan apa juga masih baik utk kesehatan ?

Tas Bermerk on 14 Mei 2010 20.53 mengatakan...

wooowwww...ternyata kopi banyak manfaatnya ya. thank for sharing broer

Jaenal on 18 Juli 2010 22.01 mengatakan...

Lumayan juga ternyata kopi menjadi sebagian dari makanan kesehatan, cuman sayang dari rokoknya belum ada yang menyehatkan, apalagi setiap kali OL kopi dan rokok harus ada, kopi satu gelas berbanding rokok setengah, he he he ternyata seimbang juga sehat dan penyakit

Rendi on 21 September 2010 08.42 mengatakan...

jadi inget lagunya blackout yg "join kopi" deh hehe.. klo gw suka kopi beneran, bukan kopi instan, bukan juga kopi2nya italia yg kayak capucino.. kalah mantap sama kopi tubruk aseli indonesia hehe..

-- visit http://m.rujakasik.com --

CNC Machining on 15 Desember 2010 05.51 mengatakan...

Sayang saya jarang ngopi, thank sharenya

princiliabeauty on 24 Februari 2011 13.18 mengatakan...

oh, kirain minum kopi menyebabkan kematian, ternyata g y,,,thx infonya

Anonim mengatakan...

Kenapa negara2 Eropa dan Jepang berusaha mencari Kopi terbaik dunia? ya krena mreka tahu manfaatnya.kwkwkwkwkkw

Posting Komentar pada
Keuntungan Minum Kopi :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Keuntungan Minum Kopi