25 Juni 2010

Efek Gula Yang Terkandung Dalam Minuman Soda

Efek Gula Yang Terkandung Dalam Minuman Soda
Minuman Soda merupakan minuman yang popular di masyarakat. Dengan berbagai merk dagang, mereka menawarkan kesegaran minuman dalam botol. Namun tahukah anda apa pengaruh Minuman Soda tersebut ketika dalam tubuh? Berikut adalah penjelasannya :
  • Dalam 10 menit pertama : 10 sendok teh gula telah memenuhi 100% kebutuhan gula tubuh harian.
  • 20 menit: Terjadi lonjakan gula darah, menyebabkan peningkatan insulin. Liver menanggapi ini dengan mengubah gula menjadi lemak. Dan pada saat tertentu akan terjadi peningkatan yang sangat besar.
  • 40 menit: Penyerapan kafein komplit. Terjadi pupil melebar, tekanan darah meningkat, sebagai respon terhadap hati yang lebih banyak mengandung gula ke dalam aliran darah. Reseptor adenosin di otak sekarang diblokir, sehingga mencegah kantuk.
  •  45 menit: Terjadi peningkatan produksi dopamin dalam tubuh yang merangsang pusat kesenangan pada otak. Secara fisik cara kerja hampir sama dengan heroin.
  • > 60 menit: Kalsium mengikat asam fosfat, magnesium, dan seng dalam usus yang memberikan dorongan lebih lanjut dalam metabolisme. Hal ini diperparah dengan dosis tinggi gula dan pemanis buatan yang juga meningkatkan ekskresi kalsium urin.
  • > 60 menit: Sifat diuretik kafein membuat sering buang air kecil, sehinga mengevakuasi kalsium, magnesium, dan seng yang menuju ke tulang serta natrium, elektrolit, dan air.
  • > 60 menit: Otak menjadi mudah marah dan lambat.
Semua ini akan diikuti oleh efek buruk kafein dalam beberapa jam ke depan. Terlebih lagi jika ditambah dengan rokok.

Yang menjadi permasalahan disini bukanlah Minuman Soda-nya, melainkan perpaduan dinamis antara dosis gula yang besar, dikombinasikan dengan asam kafein dan fosfat, yang ditemukan di hampir semua Minuman Soda.


9 komentar pada
Efek Gula Yang Terkandung Dalam Minuman Soda :

dinoo on 30 Juni 2010 06.06 mengatakan...

wah, ternyata minuman soda merugikan kesehatan,, mungkin ini efek yang langsung didapat dalam waktu 1 jam an, untuk jangka panjang ada efek negatifnya g bang?

herbal on 7 Juli 2010 11.54 mengatakan...

Ya memang kita harus back to nature ... ga ada lagi selain produk-produk herbal.

asazi on 8 Juli 2010 10.19 mengatakan...

wah,
saya baru tahu kalo efeknya kaya gitu, thx postingannya..

Anonim mengatakan...

waduh...! hal ini tidak bisa dibiarkan, kalau zat asam dan pewarna yang digunakan alami, mungkin gak segini ruwet permasalahannya... qt harus cari ide baru ni, alnya peminat minuman soda ini gk sdikit lho...!

tas branded on 31 Juli 2010 12.47 mengatakan...

wah...mungkin soda juga bisa ketagihan ya ?

haryoshi on 29 Oktober 2010 13.57 mengatakan...

thanks for this information.

visit me ok...

fmipa unand

Butik on 28 Desember 2010 22.20 mengatakan...

wah...thank mbanget atas infonya om. baru tahu mengenai efek efek samping ini

Mutiara Pembelajar on 5 Mei 2011 10.32 mengatakan...

lalu....kenapa minuman bersoda masih bedar? seperti makanan mi instan yang dinyatakan tidak baik bagi kesehatan, tetapi tetap saja laku dipasaran. jadi yang mengganggu kesehatan itu mentri kesehatannya apa produknya???

wicker on 26 Mei 2011 03.32 mengatakan...

kakak saya benar2 wajib baca artikel ini.. dia senang banget dengan namanya minuman bersoda seperti gambar di atas...tapi saya pribadi juga suka minuman bersoda..., tapi bukan yang bergula.. saya suka minum air soda campur susu, seperti soda fanta putih dengan susu... saya suka banget karena segar sekali... tapi bukan itu penyebab utamanya... hal ini karena banyak yang mengatakan kalo soda gembira kayak gitu baik untuk paru2.. Mohon pencerahannya ya...

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Efek Gula Yang Terkandung Dalam Minuman Soda