15 Agustus 2010

Tips Diet Sehat - Cara Menurunkan Berat Badan

Tips Diet Sehat - Cara Menurunkan Berat Badan
Saat ini banyak sekali iklan yang menawarkan program diet dan penurunan berat badan secara cepat dan mudah, hanya beberapa hari bisa turun beberapa kg. Apakah benar bisa seperti itu? Pada kenyataannya, cara diet dan menurunkan berat badan tidaklah semudah seperti kata iklan. Butuh banyak perjuangan untuk bisa menurunkan berat badan anda. Kalaupun ada program diet dan penurunan berat badan yang bisa cepat, anda harus cari tahu apakah program tersebut sehat dan baik bagi kesehatan anda? Untuk itu anda harus tahu tips diet sehat dan cara menurunkan berat badan secara sehat.

Program diet dan penurunan berat badan yang sehat tidak hanya membuat anda terlihat dan merasa lebih baik, tetapi juga akan mempengaruhi kesehatan anda di kemudian hari. Memiliki berat badan yang ideal menurunkan kemungkinan anda terserang penyakit berbahaya seperti serangan jantung atau diabetes. Berikut adalah beberapa tips diet sehat - cara menurunkan berat badan.

Cara makan sehat untuk menurunkan berat badan :
  • Makanlah dengan santai, dan nikmati setiap gigitan, bau, dan rasa dari makanan anda.
  • Cobalah untuk tidak makan sambil bekerja, menonton televisi, membaca, menggunakan komputer, atau mengemudi.
  • Cobalah cari pengalaman makan yang baru, misal mencoba makan menggunakan sumpit daripada menggunakan garpu.
  • Kunyah makanan lebih lama, kurang lebih 30 kali sebelum ditelan.
  • Berhenti makan sebelum kenyang. Untuk menghindari anda makan terlalu banyak maka biasakan anda makan menggunakan piring yang berukuran kecil.
  • Jika anda merasa sudah makan dengan porsi yang cukup tetapi masih sedikit merasa lapar, tambah dengan makanan ringan yang sehat.
Makanan dan minuman sehat untuk menurunkan berat badan :
  • Fokus pada buah-buahan dan sayuran. Kadar air dan serat yang tinggi, juga kandungan vitamin dan nutrisi dalam buah-buahan dan sayuran dapat membantu kesehatan dan vitalitas tubuh secara keseluruhan.
  • Beralih dari karbohidrat sederhana ke karbohidrat kompleks. Kurangi makanan roti putih dan nasi putih, makanlah lebih banyak gandum (roti gandum atau beras gandum). Gandum mampu memberi energi jangka panjang dan memberi rasa kenyang lebih lama karena memiliki kandungan serat yang tinggi.
  • Pilihan protein. Protein memberikan rasa kenyang lebih lama daripada karbohidrat, namun kurangi konsumsi protein hewani seperti daging sapi karena daging sapi juga mengandung banyak lemak. Ganti dengan protein berkualitas dari biji-bijian yang tidak mengandung lemak seperti buncis dan kacang.
  • Minum air lebih banyak. Ganti minuman soda, alkohol, atau kopi dengan air putih. Selain menghindari konsumsi kalori ekstra, juga membantu pencernaan makanan lebih mudah.
  • Minum multivitamin jika anda merasa nutrisi yang anda konsumsi kurang.
Gaya hidup sehat untuk menurunkan berat badan :
  • Olahraga. Tidak hanya untuk membakar kalori, olahraga juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Tidak dibutuhkan waktu lama dan hanya olahraga ringan seperti naik tangga, hanya 3 X 10 menit dalam sehari sudah cukup untuk membuat tubuh anda sehat.
  • Tidur cukup. Orang yang kurang tidur memiliki resiko tinggi obesitas karena membuat tubuh merasa lapar. Kebutuhan tidur setiap orang berbeda tetapi rata-rata sekitar 8 jam.
  • Matikan televisi. Aktivitas menonton televisi membakar lebih sedikit kalori daripada tidur. Jika memang anda harus menonton televisi, lakukan sambil berolahraga ringan misal sit-up atau jogging di tempat.
  • Memasak sendiri makanan anda, sehingga bisa mengontrol bahan-bahan dalam makanan. Pada umumnya restoran menggunakan lebih banyak sodium, lemak, dan kalori dalam makanan.
  • Tidak belanja di saat lapar, dan simpan makanan yang menggoda selera di tempat yang tidak mudah terlihat oleh mata.
  • Makan lebih sedikit dan lebih sering, lebih baik daripada makan jarang namun dengan porsi yang besar.

96 komentar pada
Tips Diet Sehat - Cara Menurunkan Berat Badan :

Alarm Kebocoran Gas Elpiji on 15 Agustus 2010 13.28 mengatakan...

tips yang bermanfaat sekali..

The Baby - Bagaimana cara mendapatkan anak atau bayi laki-laki on 16 Agustus 2010 00.38 mengatakan...

PERTAMAX NGGAK YA?
Wah ini berguna untuk yang kelebihan berat badan nih, eh tapi puasa juga khan diet juga ya? hehehe... main adsense mulai kapan maz?.

Anonim mengatakan...

makasih tipsnya mas, biar saya coba dl. mudah2an sukses.

Adhi Prabowo, SE on 18 Agustus 2010 12.25 mengatakan...

sip neh thanks ijin copas

Fanda on 27 Agustus 2010 16.45 mengatakan...

Setuju. Diet adalah kombinasi menjaga pola makan sehat dan olahraga. Gak bisa salah satunya aja.
Salam kenal...blog kita satu tema loh, kesehatan. Mau tukeran link?

tas wanita on 29 Agustus 2010 13.29 mengatakan...

aku coba tidak makan malam....tapi gak bisa tidur....perut lapar...gimana ya solusinya ?

Bisnis Internet Marketing on 2 September 2010 14.31 mengatakan...

Fokus pada buah-buahan dan sayuran...ini yang saya lakukan, walau belum terasa benar, tapi minimal mencoba pola hidup sehat, karena makanan dari buah-buahan dan sayur cenderung lebih sehat daripada yang berasl dari hewan.

Mike on 21 September 2010 22.50 mengatakan...

Thanks tipsnya Bro, perlu dicoba.

Willy on 1 Oktober 2010 10.41 mengatakan...

wah, biasanya saya hanya bisa diet satu dua hari, kemudian kambuh lagi. ngemil terus..

bagaimana ini agar tidak mudah menyerah dalam diet?

omjun on 8 Oktober 2010 00.04 mengatakan...

kalau saya inginnya nambah berat badan mas.... he he... makasih atas tips nya..... ok punya..

exercises on 9 Oktober 2010 00.05 mengatakan...

kak kalo mencoba makanan dengan garpu n sumpit berbeda ya
baru tahu saya
saya mau coba biar kurusan

diets on 9 Oktober 2010 00.07 mengatakan...

tipsnya gak begitu susah mas
nice
makasih infonya
mas kalo suka ngemil bisa ngegemuin badan gak?

tas wanita on 26 Oktober 2010 18.10 mengatakan...

infonya mantap boz... kalo sekarang sih saya malah pengen nambah berat badan

Catherine on 29 Oktober 2010 09.48 mengatakan...

Sy suka makan manis, apa itu akan berpengaruh pd berat badan sy?

Mas Dhani on 29 Oktober 2010 19.45 mengatakan...

Klo saya masalahnya pengen naikin berat badan apakah ada tips gak buat itu, pengennya naik sampai 15 KG gitu..

Dy on 11 November 2010 20.27 mengatakan...

intinya pola makan dan pola hidup sehat... :)

how To Hack The Stock Market on 11 November 2010 23.24 mengatakan...

wooowww woooowwww...tips nya sangat berguna broer. thank ya

Grosir Baju muraH on 15 November 2010 17.13 mengatakan...

kunjungan sore kawand :)

Grosir Batik Solo on 15 November 2010 17.15 mengatakan...

happy blogging

Grosir Baju MusliM on 15 November 2010 17.24 mengatakan...

nice post

Grosir Baju anak on 15 November 2010 17.25 mengatakan...

artikel yang bagus kawan

PeLUang Bisnis samPIngaN on 15 November 2010 17.27 mengatakan...

aku mauu banget langsing

icha on 19 November 2010 13.42 mengatakan...

intinya makanan bergizi seimbang dan rajin olahraga ya. wah, aku banget.

:D

pasang iklan gratis sebagai awal mulai bisnis online on 20 November 2010 11.51 mengatakan...

tips yang sangat bermanfaat gan...
tapi yang penting sehat kan udah seneng...
salam kenal dan kunjungan balik ya??..

jimmy on 9 Desember 2010 16.10 mengatakan...

nice info..
:D

abdulroqib.com on 11 Desember 2010 18.35 mengatakan...

manteb gan tipsnya...
trims dah share...

Gas Turbine Flow Meter on 23 Desember 2010 14.39 mengatakan...

tipsnya mantap,, mudah2an berhasil.

barbie jeep power wheels on 8 Januari 2011 06.09 mengatakan...

Aku bisa turun dengan makan buah-buahan di pagi hari dan malam hari, tidak makan lain selain itu, juga puasa senin kamis waktu gembrot.... sekarang langsing

barbie jeep power wheels on 8 Januari 2011 06.13 mengatakan...

Aku bisa turun dengan makan buah-buahan di pagi hari dan malam hari, tidak makan lain selain itu, juga puasa senin kamis waktu gembrot.... sekarang langsing

phone on 29 Januari 2011 19.33 mengatakan...

mantep ne.......
harus di coba..............

Kaos Distro on 5 Februari 2011 14.47 mengatakan...

mudah2x an bb bisa turun setelah mempraktekkan tips di atas..gak comfort juga nih pengen turun 5 kg an..thanks ya infonya

Valentine’s Day Gift on 10 Februari 2011 05.43 mengatakan...

makasih infonya, perut saya kebetulan sekarang ini tambah endut. bingung bagaiman ngecilinya. saya coba deh tipsnya

tissa on 18 Februari 2011 19.50 mengatakan...

wah. diet itu susah banget. olahraga itu susah juga untuk memulai, ngemil susah untuk dihentikan..tapi coba dulu deh triknyaaa. terima kasih atas postingannya...=D

tas etnik dan tas laptop on 21 Februari 2011 09.46 mengatakan...

wah gimana mau diet.. berat badan aja masih kurang dari ideal.. tapi artikel yang bagus buat pencerahan.. thanks

Catatan Ngeblog on 27 Februari 2011 19.59 mengatakan...

Tips yang bermanfaat buat yang pingin diet... Tapi saya justru pingin nambah berat badan... hehe... :D

SETTING GPRS MANUAL on 2 Maret 2011 15.37 mengatakan...

siiip..
makasi kawan

grosir pakAian murah on 2 Maret 2011 17.22 mengatakan...

Happy blogging kawand, smuga menambah persaudaraan

jual bAtik on 2 Maret 2011 17.34 mengatakan...

Happy blogging teman teman

baju musLim on 2 Maret 2011 17.38 mengatakan...

Salam kenal ya kawand,,, thxz infonya

gRosir busana muslim on 2 Maret 2011 17.56 mengatakan...

Kunjungan sore hari

gRosir busana muslim on 2 Maret 2011 18.06 mengatakan...

Keep blogging, smuga berguna ilmunya

peluang bisnis keCil on 2 Maret 2011 20.12 mengatakan...

Thxz infonya ya kawan

aradeamarkatin on 3 Maret 2011 14.16 mengatakan...

waduh thanks banget infonya saya pasti coba infonya.....

aradeamarkatin on 3 Maret 2011 14.18 mengatakan...

diet itu susah sekali tapi thanks infonya

obat alami wasir on 6 Maret 2011 09.29 mengatakan...

makasih infonya, patut dicoba..

blokbuzz on 7 Maret 2011 20.37 mengatakan...

kunci diet ada 2 (versi hadits) :
1. mkn setelah lapar; dan
2. berhenti sebelum kenyang
Insya Allah sehat.

Graha on 10 Maret 2011 21.14 mengatakan...

tips yang saya butuhkan... ane diet tapi gagal terus nih...
kunjungi juga blog saya
http://sepatukulitmurah.wordpress.com/

Baju Grosir on 13 Maret 2011 23.35 mengatakan...

Terima kasih tipsnya mas

OZY-W on 14 Maret 2011 12.20 mengatakan...

thanks'atas tipsnya, sukses selalu.
kunjungi
http://ozy-web.blogspot.com/
terima kasih

obat alami hepatitis on 17 Maret 2011 08.38 mengatakan...

informasi yang bermanfaat terimakasih

XAMSlimer obat pelangsing alami on 21 Maret 2011 16.01 mengatakan...

mantap juga tuch infonya,,,,bisa langsung praktek nich,,,makasih dan sukses slalu,,,

Trik Internet Gratis 3 | Internet Gratis Three Di Hp on 21 Maret 2011 23.52 mengatakan...

wah klo saya si uda kurus ni
hehhee
ada tips untuk memperbesar gak?

world online bank on 22 Maret 2011 06.12 mengatakan...

cm pengen nurunin perut nih... pdhl badan kecil... perutnya malah buncit... :(

anak blogger on 24 Maret 2011 14.22 mengatakan...

ini dia yg saya cari untuk nurunin berat badan, thanks ats infona gan..

Jasa Pembuatan Website on 29 Maret 2011 20.39 mengatakan...

udah diet tapi tetap susah turun berat badan, apak karena keturunan ya...hihihiihih

Web Design Idea on 30 Maret 2011 18.30 mengatakan...

tips yg sngad mnarik....
mksh infonya gan....

obat penyakit kanker payudara on 6 April 2011 21.23 mengatakan...

tips yang bermanfaat tuh,,cara menurunkan berat badan,,, g mana cara menjaga badan tetap idealnya.
??????????

obat traditional menurunkan kolesterol on 7 April 2011 12.01 mengatakan...

tips yang oke dan menarik tentunya juga membantu,,makasih dah berbagi yipsnya,moga bermanfaat buat smuanya,

solusi menjaga berat bdan tetap ideal on 7 April 2011 22.02 mengatakan...

info yang cukup berguna boss,,,
thanks info kesehatanya...

solusi mengatasi penyakit demam berdarah on 7 April 2011 22.07 mengatakan...

thanks info sehat nya,,,
bermanfaat banget boss,,,

Bumbo Baby on 8 April 2011 09.54 mengatakan...

thanks infonya..

Berat badan yang ideal memang jadi dambaan setiap wanita...seperti saya lol...

amad on 8 April 2011 15.07 mengatakan...

hemp... kapan mas tips buat badan yggak bisa gemuk2... he...he....

Hiervie on 9 April 2011 12.12 mengatakan...

waahh tips bermanfaat nie. terimakasih ya :)

undangan eksklusif on 12 April 2011 12.51 mengatakan...

mksih bwt infonya..

perawatan gedung on 13 April 2011 12.02 mengatakan...

sutuju bgt bro ,,,salam kenal brooo

Cara cepat turun berat badan on 14 April 2011 18.36 mengatakan...

maksih bro atas tipsnya..sesuai deh dengan tulisan saya yang juga tentang nurunin berat badan, jadi banyak ilmu deh...

Sistem Informasi Geografis berbasis Web on 19 April 2011 23.01 mengatakan...

menarik banged, trims tipsnya

UTI in children on 25 April 2011 20.36 mengatakan...

.kalau buat gemukin badan ada ga gan?

health blogger on 27 April 2011 14.23 mengatakan...

Wah mantab jg tipsnya

RIP666 on 28 April 2011 02.33 mengatakan...

cocok nih tips buat sodaraku yg lagi ingin diet :D

bootable CD for virus protection on 28 April 2011 12.13 mengatakan...

intinya makanan bergizi seimbang dan rajin olahraga ya. wah, aku banget.

Toyota Community on 28 April 2011 18.03 mengatakan...

Kalo menurut saya tips yang baik untuk menurunkan berat badan yaitu kurangin makan malam hari, itu bisa bikin gemuk trus kurangin makan nasi karena bikin perut buncit. salam Toyota

hobbies on 29 April 2011 14.33 mengatakan...

wah infonya bagus nih soalnya masih banyak orang yg pengen diet tapi dengan cara yang salah :)

obatherbal darah tinggi on 30 April 2011 11.30 mengatakan...

thanks gan info dietnya....

obat herbal keputihan menahun on 2 Mei 2011 14.13 mengatakan...

tips diet sehat - cara menurunkan berat badan.sangat bermanfaat sekali,,moga bermanfaat buat smuanya,,makasih dan sukses slalu,,

Meriahkan Pesta Ulang Tahun Bersama GarudaFood on 4 Mei 2011 16.41 mengatakan...

tipsnya bagus banget buat temenku yg lagi cari tips diet

Menulis Artikel Inggris on 5 Mei 2011 19.12 mengatakan...

wah kalo ane lagi nyari tips naikkan berat badan tuh

poles marmer on 6 Mei 2011 18.50 mengatakan...

cara diet yg salah justru akan menyebabkan bahaya pd diri sndr

cosarosta on 8 Mei 2011 03.53 mengatakan...

mas.kalau untuk mengecilkan perut buncit ada ga?

harga jual blackberry iphone laptop murah on 9 Mei 2011 13.06 mengatakan...

badan udah tipis begini mah ga' perlu diet, hehe....

kinoy on 12 Mei 2011 23.24 mengatakan...

wah susah2 gampang nih nerapinnya,apalagi makan waktu lapar, makanannya enak lagi...wah langsung hajar bleh

Perpustakaan Online on 15 Mei 2011 13.08 mengatakan...

salam kenal semuanya mampir buat sahabat blogger, mohon kritik dan sarannya soalnya baru bergabung dengan blogger mania. saya tunggu kehadirannya.

obat herbal maag kronis on 16 Mei 2011 21.24 mengatakan...

mengenai berat badan harus menstabilkan pola makan dan tidur serta olah raga dengan teratur.lam kenal aja sebagai kunjungan perdananya.terima kasih dengan postinganya,mantap.

batik solo on 21 Mei 2011 11.09 mengatakan...

klo makanan untuk menambah daya tahan tubuh supaya lebih kuat terhadap alergi ada ga ya??hidung saya ini baru kena debu atau angin malam dikit aja udah meler2 plus bersin2 ga karuan

poles marmer on 23 Mei 2011 01.54 mengatakan...

Fokus pada buah-buahan dan sayuran...ini yang saya lakukan, walau belum terasa benar, tapi minimal mencoba pola hidup sehat, karena makanan dari buah-buahan dan sayur cenderung lebih sehat daripada yang berasl dari hewan.

obat alternatif asma on 28 Mei 2011 07.40 mengatakan...

makasih infonya, perlu dicoba dan semoga sukses

Health on 30 Mei 2011 11.00 mengatakan...

lengkap sekali tips dietnya gan, semoga bisa menjadi pencerahan kepada saudara2 kita yang ingin diet, nice post :)

Agni on 22 Juni 2011 21.46 mengatakan...

Susah menahan nafsu ngemil gan :D

Properti Murah on 30 Juni 2011 16.20 mengatakan...

Mas, saya orangnya krempeng tapi perutnya buncit. Diet apakah yang cocok dengan saya..??

Langsing Sehat on 14 November 2011 11.57 mengatakan...

boleh ni dicoba,
cz biar jalan tetep pede dong,
sipp

Diet Ketat, Tetap Bisa Makan Enak on 14 November 2011 14.14 mengatakan...

Iaaa niihhh..
Semakin lama perut semakin maju.
hu hu hu

Obat Tradisional Asam Urat on 15 November 2011 09.21 mengatakan...

bagus n8i gan artikelnya..
infonya juga bermanfaat banget..
mksh ya infonya..

Dhicomp on 17 November 2011 07.17 mengatakan...

Tinggal diterapin nih Aturannya. Biar rada Kurusan.
Salam

Blogspot Pemula on 17 November 2011 07.19 mengatakan...

Buah sepertinya solusi terbaik untuk diet.
Salam Kenal Buat para blogger

belajar forex on 17 November 2011 14.20 mengatakan...

terima kasih info nya, saya jadi mengerti cara2 diet sehat :)

Obat Herbal Penyakit Tipes on 18 November 2011 10.39 mengatakan...

mungkin dengan sedikit suplemen diet bagus juga kali yah...

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Tips Diet Sehat - Cara Menurunkan Berat Badan