22 Oktober 2008

Dampak Rokok Pada Anak

Dampak Rokok Pada Anak
Sekali lagi, sebuah studi memperlihatkan bahwa merokok tidak hanya berbahaya bagi diri sendiri namun juga bagi lingkungan sekitar mereka. Laporan dari Dr. Paolo Vineis seperti yang dilansir oleh The British Medical Journal menyatakan anak-anak memiliki resiko paling besar dari para orang tua perokok.

Dampak perokok pada non perokok (perokok pasif) sudah lama diketahui. Namun bahaya mengenai orang tua perokok pada kesehatan anak-anak baru kini mengemuka. Dari penelitian yang dilakukan oleh Dr. Paolo Vineis disejumlah negara Eropa diketahui bahwa anak-anak mengalami dampak paling tinggi.

Yaitu sekitar tiga kali lipat terkena kanker paru-paru dan masalah yang berhubungan dengan pernafasan lainya dari orang tua yang perokok. Dr. Paolo Vineis menyebut hasil penelitiannya kali ini sangat berbeda dengan penelitian dampak rokok pada kesehatan manusia.

Dr. Paolo Vineis merupakan seorang profesor dari Imperial College London (Inggris). Selama hampir tujuh tahun, Dr. Paolo Vineis melakukan penelitian atas 123.000 orang dari 10 negara Eropa yang diketahui menjadi perokok pasif. Dalam kurun itu, 97 orang kemudian diketahui terkena kanker paru-paru, 20 terkena masalah dengan pernafasan dan 14 meninggal.

Resiko anak-anak terkena kanker paru-paru mengalami kenaikan sampai 3.6 kali dari orang tua perokok karena anak-anak ini telah menjadi seorang perokok pasif. Secara keseluruhan penelitian juga menunjukan resiko terkena penyakit yang berhubungan dengan paru-paru akan mencapai 30% bagi anak-anak perokok pasif ini.

Angka itu akan lebih tinggi dibandingkan dengan resiko para perokok yang sudah pensiun dari merokok. Di AS ditengarai 1900 hingga 2700 kasus kematian pada jabang bayi disebut-sebut karena mereka merupakan perokok pasif. Tidak heran Dr. Paolo Vineis pun menyarankan agar sejumlah negara mulai memperkenalkan hukum untuk melindungi para perokok pasif ini.

Merokok dirumah memang tidak dilarang namun Dr. Paolo Vineis menyarankan orang tua seharusnya tidak merokok di rumah saat anak-anak mereka berada disekitarnya. Dr. Norman Edelman memberikan saran lain bahwa seandainya harus merokok disarankan untuk tidak merokok diruangan tertutup.


9 komentar pada
Dampak Rokok Pada Anak :

masisman on 22 Oktober 2008 16.41 mengatakan...

tapi ternyata ada yang lebih berbahaya dari pada rokok, yaitu ponsel, oh ya... ada sesuatu nih buat ente bang, smoga suka, check di blog ku yah...

masisman on 23 Oktober 2008 15.57 mengatakan...

aku ada sesuatu buat abidin cek disini ya http://masisman.blogspot.com/2008/10/tambah-pr-nya-bikin-surprise.html

semoga suka

SAVE CHILD FROM SMOKE on 7 Desember 2008 07.45 mengatakan...

Secondhand smoke, also know as environmental tobacco smoke (ETS), is a mixture of the smoke given off by the burning end of a cigarette, pipe or cigar and the smoke exhaled from the lungs of smokers. It is involuntarily inhaled by nonsmokers, lingers in the air hours after cigarettes have been extinguished and can cause or exacerbate a wide range of adverse health effects in children, including SIDS (Sudden Death Infant Syndrome), cancer, respiratory infections, ear infection and asthma.
Children’s exposure to secondhand smoke in Indonesia may be 43 Million.Around one-third of smokers - million people continue to smoke near children.Smoking by parents is the principal determinant of children’s exposure to secondhand smoke.
Please navigate to http://savechildfromsmokers.blogspot.com , and join this group : SAVE CHILD FROM SMOKE (Facebook Group) : working together make a smoke-free homes and smoke-free zones for all children. Dr Widodo Judarwanto, Jakarta Indonesia

KeNaLi DAn KunJunGi ObJEk WiSata Di PanDegLaNG on 15 November 2009 07.26 mengatakan...

wah makasih, informasi spt ini harus disebarkan agar banyak orang yg sadar akan bahaya rokok

Back4You on 3 Juni 2010 17.00 mengatakan...

saya ucapkan terima kasih kepada webmaster blog ini atas infonya...
Saya mohon izin untuk re post artikel ini...
Tetapi tenang saja, saya akan kasih backlink ke situs ini...

Salam kenal...
By : Back4You

jally gamat on 28 Desember 2010 13.21 mengatakan...

keren banget tuh infonya,,,, salam kenal aja,,, terima kasih buat infonya

best cordless drill on 9 Februari 2011 11.44 mengatakan...

Terima kasih kepada pemilik blog ini, sangat bermanfaat. Sehat itu mahal

princiliabeauty on 24 Februari 2011 12.54 mengatakan...

sipp,,,,thx infonya

Nikmaya John on 11 April 2011 11.43 mengatakan...

Akan lebih baik dan lebih sehat jka kita tidak merokok,,,,,

Posting Komentar pada
Dampak Rokok Pada Anak :

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Dampak Rokok Pada Anak