09 September 2009

Kebiasaan Buruk Yang Baik Untuk Kesehatan

Kebiasaan Buruk
"Jangan mudah marah, karena bisa meningkatkan tekanan darah tinggi."

"Jangan sering minum minuman bersoda, karena bisa merusak gigi dan menyebabkan kegemukan."

Kita pasti pernah atau bahkan sering mendengar nasihat-nasihat seperti di atas, untuk menghentikan kebiasaan buruk kita. Memang yang namanya kebiasaan buruk pastilah merugikan bagi kita, namun berdasarkan penelitian, tidak semua kebiasaan buruk itu merugikan. Ada beberapa kebiasaan buruk yang justru baik untuk kesehatan. Berikut adalah beberapa kebiasaan buruk yang baik untuk kesehatan.

Marah : baik untuk menjaga tekanan darah.

Kita sudah terbiasa diperingatkan untuk menahan amarah karena bisa menyebabkan Tekanan Darah Tinggi (hipertensi), tetapi sekarang hal itu tidak berlaku karena melepaskan amarah memberikan keuntungan bagi kesehatan.

Peneliti dari Carnegie Mellon University di Pittsburgh menemukan bahwa orang yang segera merespon sesuatu hal yang menjengkelkan (yang bisa menyebabkan stress) dengan kemarahan, mampu menjaga tekanan darah tetap normal dan mensekresi sedikit kortisol (hormon penyebab stress) daripada orang-orang yang merespon dengan rasa takut dan memendam perasaan mereka.

Permasalahannya hanya pada bagaimana seharusnya bereaksi terhadap situasi. Menunjukkan tingkat kemarahan yang proporsional, membantu anda mengembangkan perasaan untuk meningkatkan kontrol dan optimisme. Hal ini tidak terjadi pada perasaan takut atau frustasi, yang justru meningkatkan pengeluaran kortisol. Dimana seringnya stress pada tingkat tertentu bisa menyebabkan penyakit jantung.

Pada penelitian tersebut, psikolog Jennifer Lerner meneliti pada 92 siswa dengan memaksa mereka untuk mengerjakan tugas-tugas yang sangat sulit dan dibawah tekanan. Kemudian peneliti merubah peraturan beberapa kali selama test. Jika jawaban salah, maka tugas harus dikerjakan kembali dari awal, sehingga menyebabkan frustasi.

Kemudian data dicatat, dengan menggunakan kamera video untuk merekam ekspresi wajah siswa, dan peneliti mengidentifikasi tasa takut, kemarahan, dan rasa tidak nyaman. Peneliti juga mencatat tekanan darah, denyut nadi, dan sekresi kortisol.

Hasilnya, siswa-siswa yang wajahnya menunjukkan rasa takut selama test, peningkatan tekanan darah dan sekresi kortisol lebih tinggi dibandingkan dengan siswa-siswa yang marah.

Video Games : meningkatkan metabolisme.

Meskipun dipersalahkan sebagai salah satu penyebab obesitas, bermain video games bisa benar-benar membantu kebugaran dan menurunkan berat badan. Para ilmuwan di University of Miami melakukan penelitian pada 21 anak yang diberikan permainan Tekken 3 (salah satu games pada Sony Playstation).

Pada penelitian tersebut tampak bahwa selama permainan, jantung berdenyut lebih cepat, mereka menggunakan lebih banyak energi dan mulai bernapas lebih cepat. Salah satu peneliti, Dr. Arlette Perry, menyimpulkan bahwa bermain video games bisa memiliki efek positif pada kesehatan. Menurutnya, video games lebih baik daripada hanya duduk menonton televisi.

Mengumpat : mengurangi rasa sakit.

Pada jaman dahulu, operasi yang dilakukan tanpa adanya anestesi, pasien menggigit sebatang kayu untuk mengurangi rasa sakit. Cara ini memang sedikit mengurangi rasa sakit, yang dibuktikan pada penelitian. Namun menurut para peneliti di Keele University, pasien lebih bisa menahan rasa sakit ketika mereka mengumpat atau memaki-maki dari pada menggunakan kata-kata non-ofensif.

Dr. Richard Stephens, seorang dosen psikologi yang menjadi salah satu peneliti, mengatakan bahwa mengumpat berhubungan dengan respon adrenalin. Ditemukan juga pada orang yang sedang mengumpat memiliki detak jantung yang tinggi, sehingga meningkatkan agresifitas mereka. Peningkatan agresifitas telah terbukti mengurangi kepekaan seseorang terhadap rasa sakit.

Dalam penelitian pada 64 mahasiswa yang tangannya direndam dalam bak berisi air es, mereka diperbolehkan untuk mengumpat dengan kata-kata yang ofensif, kemudian tugas diulangi lagi dengan menggunakan kata-kata yang non-ofensif. Ditemukan hasil, bahwa mereka yang mengumpat dengan kata-kata yang ofensif mampu mempertahankan tangan mereka rata-rata 40 detik lebih lama. Ketika ditanya tentang rasa sakit yang dirasakan, mereka juga menilai rasa sakitnya lebih ringan.

Bermalas - malasan : menambah beberapa tahun kehidupan anda.

Ahli Kesehatan Masyarakat, Profesor Peter AXT, mengatakan bahwa seseorang yang bangun pagi-pagi dan menyibukkan diri sepanjang hari adalah awal menuju kematian. Menurutnya, bermalas-malasan adalah kunci untuk hidup lebih lama dan penangkal stress. Dia menyarankan untuk menghabiskan setengah waktu luang kita untuk bermalas-malasan. Penelitian menunjukkan seseorang yang terlalu sibuk, menghabiskan energi yang dibutuhkan untuk keperluan lain seperti regenerasi sel dan menangkal penyakit.

Pada tesisnya, dia membandingkan antara hewan yang hidup di alam liar dengan hewan yang ada di kebun binatang. Misalnya, Singa di Serengeti hanya mampu hidup selama 8 tahun, tetapi mampu hidup selama 20 tahun di kebun binatang. Beruang Kutub Utara hidup selama 20 tahun di alam liar, tapi mampu hidup 40 tahun di penangkaran. Sedangkan contoh pada manusia yaitu pada para pemimpin agama (Kiai, Pendeta, dll) yang cenderung menjalani kehidupan yang tidak terlalu sibuk dengan urusan duniawi, memiliki rata-rata usia hidup lebih lama.

Manfaat lain adalah bahwa otak kita jauh lebih aktif ketika kita melamun. Melamun biasanya dikaitkan dengan hal-hal negatif seperti ketidak-aktifan otak. Namun menurut Profesor Psikologi Kalina Christoff di University of British Columbia, otak kita sangat aktif ketika melamun, jauh lebih aktif daripada kita fokus pada tugas-tugas rutin.

Temuan pada penelitian menunjukkan bahwa melamun, yang bisa menghabiskan sepertiga waktu jaga kita, adalah bagian penting dalam kemampuan kognitif disaat kita memilah-milah informasi penting.

Stress : meningkatkan memory.

Stress dalam jangka waktu yang lama seperti perceraian dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh menjadi rentan terhadap infeksi. Namun stress akut (stress dalam jangka waktu pendek) justru mampu meningkatkan memori otak, menurut para peneliti di University of Buffalo U.S. Hal ini disebabkan oleh kortisol, mempengaruhi bagian otak yang mengendalikan proses pembelajaran dan memori otak. Stress akut meningkatkan transmisi glutamat, substansi yang menyampaikan pesan pada otak dan meningkatkan kerja memori otak.

Zhen Yan, Profesor Fisiologi dan Biofisika, menjelaskan bahwa kortisol memiliki efek protektif dan efek destruktif pada tubuh. Itulah mengapa kita butuh stress untuk meningkatkan performa otak, namun jangan berlarut-larut karena akan memberikan efek yang destruktif pada tubuh.

Pada penelitian, dilakukan pada tikus-tikus yang telah dilatih untuk menyelesaikan sebuah labirin. Sebagian dari tikus-tikus tersebut dipaksa untuk berenang selama 20 menit, untuk memberikan stress akut. Kemudian tikus-tikus tersebut diletakkan kedalam sebuah labirin. Para peneliti menemukan bahwa tikus-tikus yang sudah diberi stress akut, lebih sedikit membuat kesalahan ketika berjalan melewati labirin dibandingkan dengan tikus-tikus non-stress.

Menghindari Pekerjaan Rumah Tangga : mencegah asma anak.

Meningkatnya jumlah alergi dan kondisi autoimun (seperti psoriasis) selalu dihubungkan dengan masalah higien dan kebersihan. Tetapi sebenarnya itu bukan masalah utama. Survey yang dilakukan tahun lalu di Bristol University dan Brunel University menunjukkan bahwa wanita yang menggunakan produk-produk pembersih rumah tangga selama kehamilan atau segera setelah melahirkan, akan meningkatkan resiko anak terserang penyakit asma.

Penelitian yang dilakukan pada 13.000 anak sebelum lahir, ditemukan bahwa pemaparan bahan-bahan kimia yang terdapat pada produk-produk pembersih terhadap kehidupan awal seorang anak, meningkatkan 41% kemungkinan anak terserang asma pada usia 7 tahun. Karena bahan kimia dalam produk-produk tersebut menyebabkan iritasi pada saluran pernafasan anak.

Musik Keras : merangsang otak.

Menonton konser musik rock, atau menyalakan musik di rumah dengan volume suara yang keras, mungkin baik untuk kekuatan otak anda. Menurut penelitian di Manchester University, ketika mendengarkan musik, bagian dalam dari telinga (sacculus) dirangsang untuk merespon ketukan dalam musik. Hal ini membuat sensasi kesenangan pada otak dan membuat kita merasa nyaman. Sacculus, yang dianggap tidak memiliki fungsi dalam pendengaran manusia, tampaknya hanya sensitif terhadap suara dengan volume yang sangat keras, di atas 90 desibel.

Neil Todd, seorang ahli dalam studi ilmiah tentang musik, menjelaskan bahwa sacculus berhubungan dengan bagian otak yang berfungsi untuk mengatur rasa lapar, seks, dan hedonistik. Ketika sacculus dirangsang dengan suara musik yang keras, otak merespon dengan melepaskan hormon yang membuat kita merasa tenang, bahagia, dan responsif. Jadi untuk memberikan rasa bahagia pada hari Senin pagi, dengarkan musik keras dengan suara yang keras pula.

Minuman Berkarbonat : mencegah demensia.

Meskipun dianggap sebagai penyebab kerusakan gigi dan obesitas, minuman berkarbonat dua kaleng sehari dapat mencegah Alzheimer dan meningkatkan kemampuan memori sebesar 20%. Ahli syarat dari Glasgow Caledonian University, memfokuskan pada otak bagian hippocampus yang bertugas menciptakan memori baru, dimana terjadinya dementia menghambat kerja hippocampus.

Dr. Leigh Riby melakukan test memori terhadap relawan, setelah mengkonsumsi minuman berkarbonat yang mengandung gula 25 g, mampu mengingat 17% lebih banyak memori daripada yang tanpa mengkonsumsi minuman berkarbonat.

Gelisah : melawan obesitas.

Peneliti dari Mayo Clinic U.S mengatakan bahwa orang yang sering gelisah selalu cenderung tampak lebih langsing daripada orang yang selalu tenang dalam menghadapi permasalahan. Gerakan-gerakan ringan yang dilakukan secara tidak sadar saat gelisah seperti gerakan kaki, tangan, jantung berdebar, peregangan otot atau menguap, mengeluarkan 350 ekstra kalori per hari.

Ahli Endokrinologi, James Levine, mengatakan ada perbedaan besar jumlah kegelisahan antara orang-orang yang ramping dan orang-orang yang obesitas. Dimana sering temukan kegelisahan pada orang-orang yang ramping.


43 komentar pada
Kebiasaan Buruk Yang Baik Untuk Kesehatan :

m3y on 13 September 2009 04.15 mengatakan...

Pertamaxx :)
Good information

kisaran on 16 September 2009 15.49 mengatakan...

kykny da pernah baca :D
nice inpo gan

indra on 18 September 2009 04.23 mengatakan...

boleh tu artikel. hehhe..

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 19 September 2009 01.53 mengatakan...

Saya baru tau kalo ada kebiasaan buruk baik bagi kesehatan pak.. hehehe. nice info neh,, keep sharing yaw.. jangan lupa main2 ke kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

WandI NewS on 23 September 2009 19.11 mengatakan...

Nitip ya sob.... Awas kalau sampe Hilang.... :D

Blog Tutorial | Photoshop Tutorial | Download Software

Video Boys Before flowers dan Sinopsis

Foto Pemain Boys Before Flowers

Download Lagu Boys Before Flowers

Sejarah Tari Pendet

wandi news

ammadis blog on 24 September 2009 11.37 mengatakan...

Hah...???
Begitu yaa...jadi sekarang,,,aku mau males-malesan dulu aaakh...baru ngantor...ha...ha...ha...nanti klo di marahi, marahi balik...? (berani..????)

Sip banget infonya,bro...Makasih banyaaaaak...!

Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang on 29 September 2009 22.24 mengatakan...

Wah menarik banget kang..boleh tuh poin tentanga bermalas-malasan nambah umur,,,Hehehehe

senang senang on 1 Oktober 2009 22.08 mengatakan...

wah ternyata kalo mau sehat gampang ya

sej4r4h duni4 on 3 Oktober 2009 07.57 mengatakan...

salam sakit dan sehat selalu karena mereka slalu berhubungan ...

kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang on 3 Oktober 2009 19.09 mengatakan...

WAHHH ADA JUGA YA KEBIASAAN YANG BURUK NAMUN BAIK:D NICE POST GAN

my life my adventure on 6 Oktober 2009 13.38 mengatakan...

masak sih marah justru baik? wah ilmu baru neh...

Haji on 8 Oktober 2009 10.15 mengatakan...

Begini, ditubuh kita ini ada beberapa hormon utama.Yang paling utama adalah HGH Human Growth Hormone. Anda semua pasti sudah tahu, ini hanya sekedar mengingatkan.Hasil penelitian menunjukkan ,seiring dengan bertambahnya umur HGH yang dirembeskan oleh kelenjar pituatari yang lokasinya ada di otak itu, makin hari semakin menurun.Itu dimulai umur 21 tahun sudah mulai menurun.Pada umur 40 tahunan yah kemampuannya sekitar 30 % saja.Kita semua tahulah hormon ini ibarat pasukan pekerja dalam jumlah besar.Kita ibaratkan untuk membangun rumah dalam waktu tertentu kita butuh material yang lengkap semen,pasir,bata,batu ,kayu dsb.dan pekerja yang cukup agar tepat waktu.Begitu juga dengan tubuh kita.Untuk membangun sel tubuh kita yang mana aja kita butuh 4 sehat lima sempurna, oleh hormon zat itu dibangun menjadi sel sel kita.Tapi karena HGH itu tidak cukup, pembangunan sel itu jadi tak sempurna.Membangun sel kulit tak sempurna ,kulit jadi keriput, membangun sel mata tak sempurna penglihatan rabun, pembangunan sel yang menimbulkan mood tak sempurna mudah marah marah.Diperparah lagi pola makan umumnya masyarakat kita yang cenderung salah, timbullah ber macam macam penyakit dan bertambah beratlah pekerjaan pasukan hormon, terjadilah penyakit penuaan.Saya hanya ingin pesan kalau ingin sehat dan bertenaga diulang tahun manula perhatikan ini, dan kiat kiat yang diperlukan manulasehat.blogspot.com

Just For Laugh on 8 Oktober 2009 20.21 mengatakan...

Mantap bener neh... lengkap ama penjelasannya

Antok on 9 Oktober 2009 13.50 mengatakan...

Saya bangga ternyata kebiasaan saya sehari2 bisa anda jadikan sebagai contoh artikel tentang kebiasaan yang baik bagi kesehatan.... :D

usb-wifi on 11 Oktober 2009 08.22 mengatakan...

ternyata kebiasaan buruk berdampak kepada kesehatan juga ya, makasih infonya.
Make Paypal Acount

ronny on 12 Oktober 2009 14.12 mengatakan...

mari kita hidup sehat !!

The Baby on 12 Oktober 2009 23.49 mengatakan...

wah infonya sangat bermanfaat. wah sering-sering ke sini dong. tukeran link yuk!

DeNi on 14 Oktober 2009 08.25 mengatakan...

artikel yang menarik bos
salam kenal ya

Pulsa Elektrik Murah on 15 Oktober 2009 09.54 mengatakan...

wah..baru tau bisa kaya gitu tapi aneh sekali sesuatu yg buruk malah bagus buat diri

Pasang Iklan Gratis on 16 Oktober 2009 10.11 mengatakan...

Terimakasih telah berbagi informasi, semoga banyak membawa manfaat
khususnya bagi pembaca setia blog ini. Salam
Bisnis Internet
Internet Marketing

kerja keras adalah energi kita on 18 Oktober 2009 12.59 mengatakan...

mantep bost tips nya... ada juga kebiasaan buruk,tapi berguna yaaa

dog training store on 18 Oktober 2009 13.03 mengatakan...

nice post i like it...

Gadgets on 19 Oktober 2009 03.36 mengatakan...

keren postingannya..

Kerja Keras adalah Energi Kita on 19 Oktober 2009 16.03 mengatakan...

Gile.. rupanya kebiasaan buruk juga ada manfaatnya. Tapi besar mana nih manfaat sama mudhaatnya?

Tips seo blog on 23 Oktober 2009 01.31 mengatakan...

wah ternyata ada manfaatnya juga kebiasaan buruk yang saya lakukan

Ono sendaI on 23 Oktober 2009 04.41 mengatakan...

hihihihi... biarpun buruk namun ada baiknya juga...

conair spa bath mat on 26 Oktober 2009 22.52 mengatakan...

Kalau menurut saya kebiasaan buruk di atas ada baik dan buruknya. Untuk memperoleh kualitas hidup yang baik kita harus bisa memanagenya sebaik mungkin.:D

kris on 31 Oktober 2009 02.26 mengatakan...

wah bisa gitu y..

ada hikmahnya juga ya

bella on 5 November 2009 01.04 mengatakan...

wah,...kalo bermalas-malas terus bisa hidup lama tapi hati bisa sengsara kaleee? (dipelototin melulu ma mertua! ha3) Nice news!

hatani on 5 November 2009 01.07 mengatakan...

sata milih......santai saja, ah...

Makalah Jurnal Skripsi on 6 November 2009 20.13 mengatakan...

Haduh-haduh-haduh,
itu judulnya membingungkan sekali.

Butruk tapi baik? :)

Info Kerja Pekerjaan on 6 November 2009 20.14 mengatakan...

Untuk yang poin game,
main game tidak selamanya buruk.

Main game nintendo wii, dijamin banyak gerak. Bukan hanya fun, tetapi juga sehat.

Siapa mau? :)

Review Blackberry on 11 November 2009 21.15 mengatakan...

ternyata ada beberapa kebiasan buruk saya yg baik buat kesehata,,,,teruskan lagi ahhh,,,,,,,,,

lowongan CPNS Bandung on 11 November 2009 21.23 mengatakan...

artikelnya mantep banget, komplit & lengkap sehingga membuat saya sangat jelas dan paham

KeNaLi DAn KunJunGi ObJEk WiSata Di PanDegLaNG on 15 November 2009 08.41 mengatakan...

wah postingan yang lain daripada yang laen. keren euy analisanya

atha on 18 November 2009 17.22 mengatakan...

nice info...
baru tau saya..
terima kasih....

RaRa Wulan on 1 Desember 2009 11.12 mengatakan...

informasinya bagus...
sebelum baca artikel ini saya tidak tahu apa saja kebiasan buruk yang baik untuk kesehatan, tetapi setelah saya membaca artikel ini saya jadi lebih tau tentang kebiasaan buruk yang baik untuk kesehatan..
makacih buat informasinya, informasinya sangat bermanfaat bagi saya...
sukses selalu

erwin on 24 Januari 2010 10.12 mengatakan...

wah bisa jadi racun bos, ntar banyak yang pada marah, mengumpat.dsb gara baca artikel ini..hehe
btw nice inpo gan...

ian on 2 September 2010 14.24 mengatakan...

semoga sukses selalu....

haryoshi on 29 Oktober 2010 13.49 mengatakan...

like this.....

visit me ok...

fmipa unand

Asep on 13 Januari 2011 22.43 mengatakan...

Mantapp Gan...

Oya sy mo nitip kabar baik
Semangat Pagi, Semangat Bisnis....

Sekiranya berkenan, mohon luangkan waktu sejenak untuk membaca email dari saya ini dan maafkan saya jika email saya ini ikut serta memenuhi kotak masuk email Anda.
Perkenalkan saya Asep Saepudin sebagai Owner SemangatBisnis.com Media Pasang Iklan Baris Gratis Internet Terbaik Tanpa Daftar Langsung Online Selamanya.

Maksud dan tujuannya dengan mengirimkan email ini kepada Anda, adalah ingin memberikan kabar baik untuk Anda.

KABAR BAIK nya....

Selain Web SemangatBisnis.com merupakan media atau situs untuk pasang iklan baris gratis, kami juga mempunyai media layanan lainnya lagi yaitu layanan Pasang Iklan Berbayar atau Premium dengan harga yang SANGAT MURAH, untuk pasang iklan baris premium selama 1 (satu) bulan hanya Rp. 10.000,- + Anda akan mendapatkan BONUS 24 TEMPLATES MiniSite, SCRIPT BISNIS ONLINE, EBOOK dan SOFTWARE BISNIS.

Untuk melihat lebih detail dari daftar harga dan bonus (Koleksi Script Bisnis Online, Ebook dan Software Bisnis) yang akan Anda dapatkan dengan memasang iklan premium di SemangatBisnis.com silahkan Anda klik Link ini http://semangatbisnis.info/bonus atau Daftar Harga dan Bonus Iklan Premium di SemangatBisnis.com.pdf .
Anda juga bisa menyimpan dokumen ini dengan cara Klik kanan > save link as

Semoga Kabar baik ini dapat memberikan ide dan membantu Anda untuk lebih meningkatkan lagi semangat mempromosikan produk bisnis Anda kembali.

demitarahmadani on 15 Januari 2011 23.06 mengatakan...

informasi psikiologinya banyak yang bertentangan nih...
kalo gue liat dari penelitiannya, ruang lingupnya juga kecil...
gue jadi ragu...

Anonim mengatakan...

good information thanks
http://shopah0lic99.blogspot.com/

 

Komentar

Google Friend Connect

Copyright © Kesehatan dan Psikologi - Kebiasaan Buruk Yang Baik Untuk Kesehatan